> Miju-miju adalah makanan orang-orang saleh - BAYAR ZAKAT ONLINE

Desember 19, 2022

Miju-miju adalah makanan orang-orang saleh



Hikmahdanhikmah.com - Rasulullah SAW bersabda, “Aku menyarankan kalian (untuk makan) miju-miju. Sebab, ia memiliki keberkahan dan kemuliaan. Miju-miju dapat melembutkan hati dan memperbanyak air mata. Sungguh, tujuh puluh nabi, sampai Nabi Isa AS, telah berdoa untuk keberkahan dan kelimpahannya.”

Salah seorang ulama terkemuka, yaitu Halimi RH berkata, “Miju-miju adalah makanan orang-orang saleh. Sekalipun miju-miju tidak memiliki keutamaan, dihidangkannya miju-miju pada setiap jamuan makan yang diberikan oleh Nabi Ibrahim ‘Alaihissalām di kota sudah cukup baginya sebagai sebuah keutamaan. Miju-miju dapat meringankan badan, dan badan pun menjadi ringan untuk beribadah. Selain itu, miju-miju tidak akan mengakibatkan meningkatnya keinginan-keinginan syahwat seperti daging.

Baca juga ; 4 macam pangkal berdampak pada manusia

Khalifah Umar bin Abdul Aziz RH biasa memakan roti dengan minyak zaitun dalam sehari, memakan roti dengan daging pada hari berikutnya, dan memakan roti dengan miju-miju pada hari yang lain.

Kandungan protein pada miju-miju, yang merupakan makanan berserat dan mengandung banyak protein, hampir dua kali lipat dari kandungan protein pada gandum. Selain itu, protein miju-miju dapat dicerna dengan lebih cepat.

Dijelaskan bahwasanya miju-miju juga kaya akan mineral, terutama vitamin B dan zat besi.

Miju-miju memiliki dua sifat yang berlawanan, yaitu kulitnya hangat dan kering, bermanfaat untuk perut, bisa melembutkan dan mengosongkan lambung. Sementara itu, bagian dalamnya dingin dan kering, dan bisa membuat sembelit. Oleh sebab itu, ketika dimasak bersama kulitnya, miju-miju dapat memengaruhi usus dan mengosongkannya. Miju-miju yang dipisahkan dari kulitnya akan menyebabkan sembelit. Namun, jika air rebusannya dibuang, lalu dimasak dengan air lain, sifat menyebabkan sembelitnya akan hilang.

Jika miju-miju dicampur dengan minyak zaitun dengan cara ditumbuk lalu dioleskan ke kulit, itu akan mempercepat aliran darah, meredakan sakit karena tetanus, menyembuhkan keram karena dingin, serta bermanfaat untuk anggota tubuh yang memiliki gangguan dalam merasakan dan gerakan. Jika tubuh digosok dengan campuran ini sebelum demam, itu bisa mencegah terjadinya demam. Miju-miju juga dapat mencegah kesemutan yang telah kronis.

Baca juga : Rosemari adalah tumbuhan kerdil yang berdaun tipis dan kecil banyak manfaatnya

Di samping manfaat-manfaat ini, sering mengonsumsi miju-miju juga dapat membahayakan mata dan memburamkan mata. Selain itu, miju-miju bisa menyumbat urin karena dapat mengentalkan darah. Memakan manisan dengan miju-miju atau segera setelah memakan miju-miju juga dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan di hati.sumber artikel Fazilet takvimi 

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar