> Tahukah kalian apa itu gibah? - BAYAR ZAKAT ONLINE

Desember 26, 2022

Tahukah kalian apa itu gibah?



Hikmahdanhikmah.com - Membicarakan saudara muslim tanpa alasan yang benar dengan sesuatu yang tidak disukainya ketika ia mendengarnya adalah gibah dan merupakan dosa besar. Mengatakan kekurangan seseorang, baik kekurangan yang ada pada badan, nasab, keluarga, akhlak, pekerjaan, perkataan, agama, maupun urusan duniawinya, bahkan kekurangan yang ada pada pakaiannya sekalipun, di belakangnya adalah gibah.

Rasulullah SAW bersabda, “Jauhilah perbuatan gibah. Sungguh, gibah itu lebih berbahaya daripada zina. Sebab, jika seseorang berzina, ia dapat bertaubat kepada Allah SWT. Adapun dosa orang yang melakukan gibah tidak akan diampuni selama orang yang digibahinya itu belum memaafkannya.

Rasulullah SAW berkata, “Tahukah kalian apa itu gibah?” Lalu, para sahabat berkata, “Allah SWT dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Rasulullah SAW berkata, “Gibah adalah kalian mengatakan sesuatu yang tidak disukai oleh saudara seagama kalian tentang dirinya sendiri.

”Ketika ditanyakan, “Bagaimana jika sesuatu yang dikatakan itu memang benar ada padanya?”, Rasulullah SAW berkata, “Apabila sesuatu yang dikatakan itu ada pada saudara seagama kalian, berarti kalian telah melakukan gibah, dan apabila tidak ada, berarti kalian telah memfitnahnya.”

Baca juga ; Melakukan ghibah sama seperti memakan daging saudara seagama.

Imam Mujahid RH berkata, “Ada dua hal yang apabila seseorang menghindarinya, puasa orang itu akan sempurna. Dua hal itu adalah gibah dan berkata bohong.”

Hasan Bashri RH berkata sebagai berikut,

“Membicarakan seseorang dengan sesuatu yang ia tidak sukai terbagi menjadi tiga hal, yaitu gibah, buhtan, dan ifkun. Ketiganya telah dilarang dalam Al-Quranul Karim.

Gibah adalah membicarakan kekurangan seseorang.

Buhtan adalah membicarakan seseorang dengan sesuatu yang tidak ada padanya.

Ifkun adalah menyampaikan segala sesuatu tentang seseorang (tanpa meneliti kebenarannya) kepada orang lain. Ketiga hal tersebut merupakan dosa besar karena dapat menyebabkan terhapusnya keberkahan di dunia dan terganggunya ketertiban dunia.”

Baca juga ; 4 macam pangkal berdampak ada manusia.

Nama-nama: Laki-laki: Burhan, Perempuan: Badiah.

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar