> Bulan Rajab adalah bulan taubat - BAYAR ZAKAT ONLINE

Februari 10, 2023

Bulan Rajab adalah bulan taubat



Hikmahdanhikmah.com - Taubat adalah meninggalkan segala sesuatu yang dipandang buruk dan dilarang oleh agama, serta kembali kepada sesuatu yang diperintahkan dan dianjurkan oleh agama. Taubat yang dilakukan dengan tulus, ikhlas, dan penuh tekad disebut taubat nasuhah. Nasuhah berarti sangat tulus, sangat suci, dan memiliki banyak manfaat.

Taubat nasuhah adalah penyesalan seorang hamba atas dosa-dosa yang telah dilakukannya (karena bertentangan dengan kehendak Allah SWT), bertekad untuk tidak melakukannya lagi, dan berjanji tidak akan kembali melakukan perbuatan dosa dengan membiasakan dirinya.

Baca juga ; taubat adalah wasilah turunnya rahmat.

Hal yang pantas untuk orang yang berakal adalah menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan menghadap Tuhannya agar bisa memperoleh ridha Allah SWT dan keselamatan di akhirat. Sebagai seorang muslim, kita harus mengintropeksi diri setiap waktu.

Terutama, di bulan-bulan mulia seperti bulan Rajab, Sya’ban, dan Ramadhan, kita harus menganggap bulan-bulan tersebut sebagai ganimah dan tidak menyia-nyiakan waktu kita dengan segala sesuatu yang tidak bermanfaat.

Rasulullah Shallallāhu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Bulan Rajab adalah bulan Allah SWT, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku.”

Di setiap malam bulan Rajab, Allah SWT berkata seperti ini, “Bulan ini adalah bulan-Ku, hamba adalah hamba-Ku, rahmat adalah rahmat-Ku. Yang menganugerahkan segala sesuatu adalah Aku. Aku akan mengampuni orang-orang yang meminta ampunan kepada-Ku.”

Baca juga : kebaikan itu akan menghapus keburukan.

Di dalam hadis syarif dikatakan sebagai berikut.

“Bersegeralah kalian mengerjakan shalat sebelum habis waktunya! (Ketika kalian telah berbuat dosa) bersegeralah bertaubat sebelum kematian menghampiri kalian!”

“Perbanyaklah beristigfar di bulan Rajab. Sesungguhnya setiap saat pada bulan Rajab terdapat hamba-hamba yang dibebaskan oleh Allah SWT dari api neraka. Sesungguhnya di surga Allah SWT memiliki istana-istana yang terbuat dari emas dan hanya dapat dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa pada bulan Rajab.”

“Barang siapa berpuasa tiga hari, hari Kamis, Jumat, dan Sabtu, di bulan-bulan haram, niscaya Allah SWT akan menuliskan baginya pahala berpuasa sembilan ratus tahun.”

“Bulan Rajab adalah kunci bulan kebaikan dan keberkahan. Hal yang selayaknya dilakukan oleh orang yang mengotori buku catatan amalnya dengan dosa-dosa adalah membersihkannya dengan bertaubat di bulan yang penuh berkah ini. Orang yang menyia-nyiakan hidupnya dengan kelalaian dan kekhilafan hendaknya menganggap bulan ini sebagai peluang emas dan menggunakan sisa hidupnya dengan kebaikan. (Sumber artikel fazilet takvimi)

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar