> Sebagian nama dari bulan Rajab - BAYAR ZAKAT ONLINE

Februari 16, 2023

Sebagian nama dari bulan Rajab



Hikmahdanhikmah.com - Bulan Rajab Syarif memiliki banyak nama dan yang paling masyhur adalah “Rajab”, yang memiliki arti takzim dan hormat. Kata “Rajab” terdiri dari tiga huruf, yaitu huruf “Ra” yang berarti rahmat, huruf “Jim” yang berarti jūd atau kedermawanan, dan huruf “Ba” yang berarti birr atau kebaikan. Di bulan Rajab ini, tiga anugerah Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya lebih terlihat jelas, yaitu rahmat-Nya yang meliputi semua makhluk, kedermawanan-Nya yang tidak pernah berkurang, dan kebaikan-Nya yang tanpa pamrih.

Di dalam sebuah hadis syarif dikatakan, “Di bulan Rajab, ada begitu banyak kebaikan yang mesti dipersiapkan untuk menyambut bulan Sya’ban.” Atas hal itu, Rajab memiliki arti persiapan. Selain itu, Rajab juga berarti banyak melakukan zikrullah.

Bulan Rajab juga disebut “Rajabul Fard” karena ia merupakan bulan haram yang urutannya terpisah dari bulan-bulan haram lainnya yang datang secara berurutan, yaitu Zulkaidah, Zulhijah, dan Muharam.

Baca juga ; Bulan Rajab bulan yang khusus bagi Allah SWT.

 Karena di bulan ini sama sekali tidak terdengar murka dan azab Allah SWT kepada suatu kaum, bulan Rajab disebut juga “Al-Asham”, yang berarti tuli. Menurut suatu riwayat, bulan Rajab diangkat ke langit pada malam terakhir.

Lalu, Allah SWT bertanya kepada bulan Rajab, “Apakah hamba-hamba-Ku telah menunjukkan rasa hormat kepadamu?” Bulan Rajab hanya terdiam. Setelah Allah SWT mengulangi pertanyaan-Nya sebanyak tiga kali, bulan Rajab menjawab, “Ya Rabbi, Engkau memerintahkan hamba-hamba-Mu untuk menutupi kesalahan orang lain.

Oleh sebab itu, aku hanya mendengar ketaatan para hamba-Mu dan tidak mendengar kemaksiatan mereka.”

Allah SWT menganugerahkan banyak rahmat-Nya di bulan Rajab. Ketika hamba-Nya bertaubat, Allah SWT akan mengangkat musibah yang menimpanya karena dosa yang pernah ia lakukan. Puasa yang dikerjakan di bulan ini dapat menghapus kesalahan dan dosa-dosa.

Makin baik seseorang melakukan persiapan untuk suatu pekerjaan diiringi dengan melakukan berbagai macam cara, demikianlah ia akan mencapai keinginannya. Oleh karena itu, ia harus selalu berusaha melakukan amal-amal saleh setiap waktu. Khususnya, pada waktu-waktu mulia seperti bulan Rajab, Sya’ban, dan Ramadhan; dia harus menghidupkan malam harinya dengan shalat Tahajud dan siang harinya dengan berpuasa, memberikan sedekah, dan memanfaatkan waktu-waktu mulia tersebut dengan beramal saleh.

( Sumber artikel fazilet takvimi)

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar