> Wudhu dan mandi wajib - BAYAR ZAKAT ONLINE

Februari 06, 2023

Wudhu dan mandi wajib



Hikmahdanhikmah.com - Syarat sahnya shalat yang pertama adalah suci dari hadas. Hadas adalah junub atau tidak mempunyai wudhu.

Fardhu wudhu ada enam: Niat, membasuh wajah, membasuh kedua tangan sampai kedua siku, mengusap sebagian kepala, membasuh kedua kaki sampai mata kaki, dan tertib (secara berurutan).

Adapun beberapa sunah wudhu: Bersiwak, membaca basmalah, membasuh kedua telapak tangan, berkumur, memasukkan air ke dalam hidung dan mengeluarkannya, mengusap seluruh bagian kepala, mengusap kedua telinga dalam dan luarnya, menyela-nyela jenggot yang lebat, menyela-nyela jari tangan dan kaki, mendahulukan anggota tubuh yang kanan dari yang kiri, membasuh dan mengusap sampai tiga kali, dan bersambung (tidak ada jeda ketika membasuh anggota wudhu).

Yang membatalkan wudhu ada enam hal: Segala sesuatu yang keluar dari kubul dan dubur, tidur dalam keadaan tidak tetap (di tempat), hilangnya akal karena gila, pingsan, atau mabuk, bersentuhnya kulit laki-laki dan perempuan yang bukan mahram tanpa adanya penghalang, menyentuh kemaluan dengan telapak tangan dan menyentuh lubang dubur.

Baca juga : Fikih sebuah Pembahasan tentang wudhu.

Fardhu mandi wajib ada 3 macam: Niat, menghilangkan najis yang ada di tubuh, dan membasahi tubuh dengan air secara merata.

Adapun beberapa sunah mandi wajib: Membaca basmalah, berwudhu sebelumnya, menggosokkan tangan ke semua anggota tubuh, mendahulukan bagian kanan dari yang kiri dan bersambung (tanpa jeda), tidak bercakap-cakap ketika mandi kecuali dalam keadaan terpaksa. Mandi untuk shalat Jumat dan shalat hari raya pun disunahkan.(sumber artikel fazilet takvimi)

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar