> Adi bin Hatim Radhiyallāhu ‘anhu - BAYAR ZAKAT ONLINE

Maret 05, 2023

Adi bin Hatim Radhiyallāhu ‘anhu


Hikmahdanhikmah.com - Adi bin Hatim Radhiyallāhu ‘anhu memiliki nasab yang sampai kepada seorang penyair yang terkenal dengan kedermawanannya, yaitu Hatim At-Thai.

Pada tahun ke-7 Hijriah, Adi bin Hatim RA pergi ke kota Madinah Al-Munawwarah atas nama kabilahnya dan menyampaikan kepada Rasulullah Shallallāhu ‘alaihi wa sallam bahwa semua orang dari kabilahnya telah memeluk agama Islam. Saat Adi bin Hatim RA datang ke hadapan Rasulullah SAW, Rasulullah SAW memberikan alas duduknya kepada Adi bin Hatim RA karena kemuliaan dan nasabnya yang terhormat, lalu beliau memintanya untuk duduk di alas itu.

Sebagaimana ayahnya, ada banyak kisah tentang kedermawanan Adi bin Hatim RA. Oleh sebab itu, saat menulis tentang Adi bin Hatim RA, para penulis menyifati beliau dengan sebutan Jawād bin Jawād (orang dermawan yang merupakan putra dari orang dermawan).

Baca juga ; kedermawanan dan kisah sayyidina ali

Kesetiaan Adi bin Hatim RA dan kabilahnya terhadap agama Islam sangat kuat dan tulus. Meskipun banyak kabilah Arab murtad setelah wafatnya Rasulullah SAW, tidak ada seorang pun dari kabilah Adi bin Hatim RA terlihat melakukan sebuah perilaku yang seperti itu. Setelah wafatnya Rasulullah SAW, saat kebanyakan orang berpaling dan tidak memberikan zakatnya lagi kepada Sayidina Abu Bakar RA, Adi bin Hatim RA menghitung sendiri zakatnya lalu ia menyerahkannya kepada Khalifah Abu Bakar RA. Setelah itu, kabilahnya pun mengikutinya.

Adi bin Hatim RA merupakan salah seorang sahabat yang berumur panjang dan bahkan terdapat riwayat yang mengatakan bahwa beliau hidup sampai usia 120 tahun.

Adi bin Hatim RA telah meriwayatkan 66 hadis dari Rasulullah SAW. Beberapa ulama hadis seperti Hisyam bin Harits, Khaitsamah bin Abdurrahman, Sya’bi, dan Ibnu Sirin Rahimahumullāh meriwayatkan hadis-hadis dari Adi bin Hatim RA. Sebuah hadis syarif Muttafaqun ‘Alaihi (hadis-hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dengan itifak) yang diriwayatkan dari Adi bin Hatim RA berbunyi sebagai berikut,

  “Jagalah diri kalian dari api neraka meskipun hanya dengan (bersedekah) setengah biji kurma. Barang siapa tidak memilikinya, hendaklah ia menjaga dirinya dengan (mengucapkan) sebuah perkataan yang baik.” (Radhiyallāhu ‘anhu)

( sumber Artikel fazilet takvimi)

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar