Perumpamaan Kehidupan Manusia


Perumpamaan Kehidupan Manusia

Perumpamaan Kehidupan Manusia 

Hikmahdanhikmah.com - wahai sahabatku ,kita hidup butuh ketenangan batin ketenangan jiwa dimana kita hidup adalah harus mengalir apa adanya meskipun demikian hati hatilah dalam mengarungi kehidupan sebagaimana yang diungkapkan oleh pakar Ahli ilmu kata hikmah sebagai berikut bahwa Perumpamaan Hidup itu seperti Sebuah Buku.

Sampul Depan adalah Tanggal Lahir.
Sampul Belakang adalah Tanggal Kematian.
Setiap Lembarnya  adalah Setiap Hari dalam Hidup Kita dan apa yang Kita Lakukan.
Ada buku yang Tebal,
Ada buku yang Tipis.
Ada yang Menarik diBaca,
ada yang sama sekali Tidak Menarik.
Sekali Menulis, kita tidak akan pernah Berhenti Sampai Selesai.
Hebatnya, seburuk apapun Halaman Sebelumnya, slalu tersedia Halaman selanjutnya yang Putih Bersih, Baru dan Tanpa Cacat.
Sama dengan Hidup Kita,
Seburuk apapun Kemarin,
ALLAH slalu menyediakan hari yang Baru untuk Kita.

Maka nikmatilah  Nikmati hidup ini, isi dgn kebaikan, hidup hanya sebentar. Hakekat hidup adlh  HARI INI saja, hari kemaren sudah menjadi sejarah dan hari esok msih misteri karna blm tentu hari esok kita masih hidup
Sumber :kata bijak.

Sahabat Hikmahdanhikmah kali ini share ilmu hikmah yang menurut pribadi admin begitu penting sekali buat bahan renungan evaluasi diri dan tentunya demi kebaikan diri dan orang lain.Hari jumat kemarin tepat bulan desember sy sholat jumat di masjid belakang dea ramayana bungurasih surabaya, masjidnya nyaman dan tenang nyaman disana tiap jumat ada nasi bungkus gratis bisa anda dinikmati.

Ok,abaikan Nasi bungkus Gratisnya ya,kita  beralih ke Khatib jumat isi ceramah dari sang ustad yang sangat menyentuh hati saya yang temanya  adalah tentang seorang Ahli ibadah sebut saja si Fulan

Judul sandal copot Judulnya saya buat sendiri saja dan isi materi dengan bahasa olahan saya karena ini yg nyantel di pikiran saya shg biar mudah diingat aja yang Dalam pembukaan ceramahnya bahwa Allah memberikan balasan ada yang Cas,ada yang ditunda dan ada yang disimpan .

Ujian yang diberikan Allah kepada seseorang itu berbeda beda bentuknya namun  barangsiapa yang bisa menjalaninya dengan ikhlas dengan sabar maka dialah hamba pilihan,.

dikisahkan ada seorang yang Alim sebut saja si fulan,si fulan ini sangat berhati hati dalam hidup setiap berbuat kesalahan dia ingat terus meski kesalahan itu kecil dan ia catat,saking seringnya mencatat setiap dia berbuat salah dia langsung evaluasi diri ada apa,ada kesalahan apa yg telah aku lakukan sehingga bisa terjadi begini dan begitu luar biasa bukan? Karena dia menyadari bahwa semua tindakannya kelak akan dimintai pertanggungjawaban Allah SWT.

Pada suatu hari pas mau berangkat ke masjid untuk melaksanakan sholat jumat dalam perjalanan kemasjid sandalnya copot,dia berfikir mengapa sandal ini copot ditengah jalan dan mengapa tidak copot dirumah saja biar saya tidak repot seperti ini,dan bisa ganti dengan yang lain begitu gerutunya.

akhirnya dia merenung merenung dan merenung ternyata dia lupa belum mandi jumat karena mandi jumat adalah sesuatu yang biasa ia dilakukan ,begitulah sahabatku yang dirahmati Allah, orang yang sudah tarafnya spiritualnya tinggi tidak pernah menyalahkan siapa2 tapi lebih kepada kembali kepada dirinya sendiri, apa ada yang salah.

Kalau orang biasa pastilah berbeda pola fikirnya tanpa merenungi kejadian,baginya setiap kejadian itu bukanlah suatu kebetulan tapi itu adalah sinyal alarm peringatan,itulah yang disebut isarah atau firasat dimana ada kejadian itulah bagian dari teguran Allah kepada hamba yang disayang,banyak cara Allah dalam menegur seorang Hamba.

cara Allah menegur seorang hamba diantaranya lewat sahabatnya,lewat ibunya,lewat bapaknya,lewat kk,adik,dan saudara saudari kita serta kejadian kejadian sekitar yang menjadikan kita untuk berfikir,jadi manusia tidak akan habis fikir kecuali orang orang yang selalu ingat akan Allah dimana tempat duduk,berdiri dan berbaring mengingatnya.

Kita lihat hari ini ada orang yang mampu,keluarganya berkecukupan,boleh dibilang terlihat keluarga terhormat terlihat tidak ada masalah anaknya ganteng dan cantik2 dan soleh solehah namun ternyata Ada yang Allah hilangkan nikmatnya yang orang itu tidak disadarinya karena begitu banyak dosa yang tidak dirasa dan terlalu meremehkan dosa kecil.

Nikmati apakah yang Allah hapus itu ?

Nikmat itu adalah nikmat ibadah,apa ciri nikmat ibadah yang Allah berikan itu ditangguhkan oleh Allah 
1.sholat tdk bisa tepat waktu ada saja halangannya.
2.berat melaksanakan sholat.
3.berat melaksanakan zikir
4.tdk khusuk didalam sholat. 

Jika ibadah sholat tidak ada rasa butuh,tidak ada rasa bersalah,tanpa ada rasa haru dalam melaksanakan dan rasa2 berbaur dalam sujud tidak ada kenikmatan didalamnya.

Beramal terasa berat ini juga namanya Allah hilangkan nikmat nya beramal ada rasa enggan,banyak berfikir negatif misal buat kebutuhan saja masih banyak buat apa beramal sehingga muncul seoalah olah sudah banyak amalnya hingga banyak dihinggapi perasaan sayang dengan harta,dan kurang yakin serta ketakutan tanpa dilandasi ilmu.

Padahal bagi mereka yang sudah merasakan manfaatnya manisnya beramal dia merasakan kenikmatan tersendiri merasakan diri itu butuh sekali untuk beramal sedih jika tidak bisa menunaikan,merasa bersalah hingga menangis karena ia tau semuanya hanyalah Titipan. 

Maka kita lihat perbedaan ahli sodaqoh hidupnya Rizqi datang lebih banyak dari sebelumnya,ketenangan jiwa tiada tara,harta menjadi berkah,jauh dari kesulitan hati lapang,urusan beres dan dimudahkan semoga kita masuk dalam Golongan orang-orang sholeh tersebut.

Saudaraku maka pupuklah imanmu biar imanmu subur,jikalau imanmu subur maka ibadahmu akan meningkatkan serta meningkat pula amal ibadahmu,namun jikalau imanmu Turun turun pula pengorbananmu,ibadahmu,amalmu,keahuilah saytonirojim mengawasi engkau terus jangan terlena dan lupa bahwa hidup adalah untuk beribadah dan dunia ini adalah tempat persinggahan sementara.

Silahkan saudaraku dimanapun anda berada jadikan diri kita itu untuk selalu sayang pada diri serta cinta sesama dan terutama kepada Tuhan kita Allah SWT.karena Dialah Berkah serta Rahmat yang selalu beriklan ke hamba yang pandai bersyukur.

Mari berdoa bersama-sama =

Yaa Allah.....
Bukakanlah kepada kami...... 
Pintu-pintu kebaikan,
Pintu-pintu keselamatan,
Pintu-pintu kesehatan,
Pintu-pintu kenikmatan,
Pintu-pintu keberkahan,
Pintu-pintu kekuatan,
Pintu-pintu cinta sejati dan jodoh,
Pintu-pintu kasih sayang,
Pintu-pintu rizki,
Pintu-pintu Ilmu yang bermanfaat,
Pintu-pintu ampunan,

Pintu-pintu ridho menuju surgamu  
Ya...Allah....  Ya Allah.....Ya Robb..
.kabulkanlah doa kami ini......

Perumpamaan Kehidupan Manusia adalah laksana hidup Mampir ngombe tempat berlayar maka Cerdasnya orang yg beriman adalah dia yg mampu mengolah kehidupan yg sesaat & yg sekejap untuk hidup yg panjang.. Hidup bukan untuk hidup, tetapi hidup untuk Yang Maha Hidup. Hidup bukan untuk mati, tapi mati itulah untuk hidup.Kita jangan takut mati, jangan mencari mati, jangan lupakan mati, tapi rindukan mati.Karena, mati adalah pintu berjumpa dengan Allah SWT.Mati bukanlah akhir cerita dalam hidup, tapi mati adalah awal cerita sebenarnya,maka sambutlah kematian dengan penuh Ketakwaan.

kata perumpamaan tentang kehidupan manusia ini hendaknya bisa menjadi Pelajaran berharga yang harus direnungkan dan dipraktekkan dalam kehidupan agar hidup semakin baik Maka dari itu  Hendaknya kita selalu menjaga Tujuh Sunnah Nabi setiap Hari itu adalah :

Pertama
Tahajjud  karena kemuliaan seorang Mukmin terletak pada Tahajjudnya.

Kedua
Membaca Al-Qur’an sebelum terbit Matahari. Alangkah baiknya sebelum mata melihat Dunia, sebaiknya mata membaca Al-Qur’an terlebih dahulu dengan penuh Pemahaman.

Ketiga, 
Jangan tinggalkan Masjid terutama di waktu Subuh. Sebelum melangkah kemana pun langkahkan kaki ke Masjid, karena Masjid merupakan pusat Keberkahan, bukan karena panggilan Muadzin tetapi panggilan Allah SWT,yg memanggil orang Beriman untuk memakmurkan Masjid Allah.

Keempat
Jaga Shalat Dhuha* karena kunci Rezeki terletak pada Shalat Dhuha

Kelima
Jaga sedekah setiap hari.Allah menyukai orang yg suka bersedekah, dan malaikat Allah selalu mendoakan kepada Orang yg bersedekah setiap hari.

Keenam
Jaga wudhu terus menerus karena Allah menyayangi Hamba2-nya yg berwudhu.Khalifah Ali bin Abi Thalib berkata, Orang yg selalu berwudhu senantiasa Ia akan merasa selalu Shalat walau ia sedang tidak Shalat,dan dijaga oleh Malaikat dengan dua Do'a, ampuni dosa dan sayangi Dia Ya Allah.

Ketujuh
Amalkan Istighfar setiap saat.
Dengan Istighfar *masalah yg terjadi karena Dosa kita akan dijauhkan oleh Allah.


Tiga Do'a yang janganlah Kita lupakan dalam Sujud yaitu :

1.Mintalah diwafatkan dalam keadaan Husnul Khatimah 
Allahumma inni as'aluka husnal khotimah
Artinya : 
Ya Allah aku meminta kepada-MU Husnul Khatimah "

2.Mintalah agar kita diberikan kesempatan Taubat sebelum Wafat :
Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut
Artinya:  
Ya Allah berilah aku rezeki Taubat Nasuha
 (atau sebenar-benarnya Taubat) sebelum Wafat "

3.Mintalah agar Hati kita ditetapkan di atas Agamanya 
Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi 'ala diinika
Artinya: 
 Ya Allah wahai sang pembolak balik hati, tetapkanlah Hatiku pada Agama-MU

Kehidupan Manusia bisa Umpakan seperti hikmah berikut ini ada Seorang Guru yang sedang mengajar di depan para siswanya memberikan materi pembelajaran dengan menaruh toples yg bening dan besar di atas meja.

Lalu sang guru mengisinya dengan bola tenis hingga tidak muat lagi.

Kemudian Sang Guru bertanya pada siswanya : 
"Sudah penuh?"

Siswa menjawab: 
"Sdh penuh bu guru.

Baik....,tunggu... Lalu sang guru mengeluarkan kelereng dari kotaknya memasukkannya ke dlm toples tadi.
Kelereng mengisi sela2 bola tenis hingga tdk muat lagi.

SangGuru bertanya : 
"Bagaimana Sdh penuh?"

Siswapun menjawab: 
Sdh penuh bu guru

Dan Kemudian lagi sang guru mengeluarkan pasir pantai dan memasukkan nya ke dlm toples yg sama.Pasir pun mengisi sela2 bola dan kelereng hingga tdk bisa muat lagi.

Pada akhirnya Semua sepakat kalau toples sdh penuh dan tdk ada yg bisa dimasukkan lagi ke dalamnya.Tetapi, terakhir sang guru menuangkan secangkir air kopi ke dalam toples yg sdh penuh dgn bola, kelereng dan pasir itu.

Selanjutnya Sang Guru kemudian menjelaskan bahwa Perumpamaan  Hidup kita kapasitasnya terbatas seperti toples.Masing2 dari kita berbeda ukuran toplesnya.

Bola tenis 
adalah hal2 besar dlm hidup kita, yakni tanggung-jawab terhadap Allah, orang tua, istri/suami, anak2, serta sandang, pangan, papan dan kesehatan.

Kelereng 
adalah hal2 yg penting, seperti pekerjaan, kendaraan, sekolah anak, gelar sarjana, dll.

Pasir 
adalah yg lain2 dlm hidup kita, seperti olah raga, rekreasi, Facebook, WA,dan lain sebagainya.

Jadi jika kita isi hidup kita dgn mendahulukan pasir hingga penuh, maka kelereng dan bola tennis tdk akan bisa masuk. 

Berarti
hidup kita hanya berisikan hal2 kecil. Hidup kita habis dgn rekreasi dan hobby.

sementara Allah dan keluarga terabaikan.

Jika kita isi dgn mendahulukan bola tenis, lalu kelereng dst seperti tadi, maka hidup kita akan lengkap, berisikan mulai dari hal2 yg besar dan penting hingga hal2 yg menjadi pelengkap.

Karenanya, kita harus mampu mengelola hidup secara cerdas dan bijak. 

Tahu menempatkan mana yg prioritas dan mana yg menjadi pelengkap.
Jika tidak, maka hidup bukan saja tdk lengkap, bahkan bisa tidak berarti sama sekali.

Lalu sang guru bertanya: 

"Adakah di antara kalian yg mau bertanya?" 

Semua siswa terdiam, karena sangat mengerti apa inti pesan dlm pelajaran tadi.

Namun, tiba2 seseorang nyeletuk bertanya: 

"Apa arti secangkir air kopi yg dituangkan tadi...?"

Sang guru menjawab sebagai penutup

Kita Hidup Sepenuh dan sesibuk apa pun hidup kita, jgn lupa masih bisa disempurnakan dgn bersilaturahim sambil "minum kopi"... dgn tetangga, teman, kerabat, sahabat yg hebat. 

Dan jangan lupa sahabat lama. 
Saling bertegur sapa,... 
saling senyum bila berpapasan, 
tidak saling mencurigai, 
tidak saling suudzon, 
tidak saling ghibah apalagi fitnah, 
tidak saling menyakiti, 
tdk saling menjatuhkan demi jabatan... tetapi saling mengingatkan dlm kebaikan dan taqwa, 

siapa tahu nanti teman kita itu yg akan mengangkat kita dari neraka dg ijin Allah... Betapa indahnya hidup ini.

Lakukanlah Kebaikan walau sekecil apapun itu, karena tidaklah Kau ketahui, Amal Kebaikan yang mana yang dapat menghantarkanmu ke Syurga.Kirim  ini semampumu dan seikhlasmu kepada sesama Muslim, sampaikanlah walau hanya pada 1 Org..semoga Kemudahan urusan - urusanmu di Dunia & Akhirat.

SEKECIL apapun Amal Ibadah, Allah SWT menghargainya PULUHAN kali lipat...Semoga Kita semua termasuk dlm Golongan Org2 yang Bertaqwa,, Aamiin... 

Subhanallah,
Walhamdulillah WalailaHa ilallah Allahu-Akbar wa la haula wala quwata illa billahil aliyil adzim
Previous
« Prev Post

Related Posts

Perumpamaan Kehidupan Manusia
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami