Ada 4 penyakit bagi orang yang mengutamakan urusan dunia



Barangsiapa yang bangun di pagi hari dan hanya dunia yang difikirkannya,sehingga seolah-olah ia tidak melihat hak-hak Allah dalam dirinya (tidak berdzikir) maka ALLah akan menanamkan 4 penyakit kepada nya :

1.Kebingungan yang tiada putus-putusnya,
2.Kesibukan yang tidak pernah ada hujungnya,
3.Keperluan yang tidak pernah terpenuhi.
4.Khayalan yang tidak berujung."
(HR.imam Thabrani)

MUHASABAH DIRI
Wirid antara Maghrib & isya' lebih agung daripada harta dunia...Tarbiyah ahlu Tarim*

Ada salah satu sayyid di zaman dulu di kota tarim, nama beliau Sayyid Alwi Al Masyhur, beliau seorang pedagang, pada suatu hari, beliau kehilangan harta yang berupa modal dagangan dan semua modal beliau yang bernilai cukup besar yang beliau bungkus dalam kantongan plastik.

Beliau mencari tapi tidak ketemu, begitu juga keluarga beliau ikut mencarinya juga tapi tetap tidak ketemu, sampai tibalah waktu magrib maka beliau bergegas bersiap siap untuk ke masjid seperti biasanya yang beliau lakukan pada setiap hari dan kemudian berangkat, beliau sangat menjaga dan memakmurkan waktu di antar magrib dan isya, karena waktu pada saat saat itu adalah waktu yang sangat mulia utk berdzikir...(execellent prime time)

Subhanallah, salah satu anak beliau menemukan plastik yang di cari cari abahnya dan dengan perasaan gembira anak itu langsung pergi ke mesjid memberi kabar bagus itu ke abahnya dan dia yakin bahwa abahnya pasti akan sangat bahagia atas kabar tersebut...

Sesampai nya dia di mesjid, ia melihat abahnya dalam keadaan tadarrus atau berdzikir, dia langsung masuk ke mesjid dan membisikkan ke telinga abahnya bahwa plastik uang sudah d temukan, muka abahnya langsung berubah, bukan gembira tapi marah besar sambil berkata:

 "DI ANTARA MAGRIB DAN ISYA, DI WAKTU YANG MULIA INI ENGKAU MEMBERIKU KABAR TENTANG DUNIA??"

kemudian beliau berkata...enyahlah engkau dari hadapanku selama setahun, ini hukuman buatmu...

seperti inilah didikan ahlu tarim kepada anak anak mereka, mereka selalu menanamkan kepada anak anak mereka bahwa amal ibadah untuk akhirat itu jauh lebih penting dari harta dunia...

bagaimana jikalau mereka melihat anak anak mereka di waktu antara magrib dan isya berada di depan layar tv atau main fb atau sibuk dengan hp??

Maka itu adalah tugas orang tua untuk menasihati putra putrinya mengingatkan .

Sebuah kalamulah

بسم اللّه الرّحمن الرّحيم.

  اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Dipahami dari Habib Jindan bin Novel Jindan :

Rasulullah SAW mengatakan sumber segala penyakit hati itu adalah  CINTA DUNIA.

Bukan dunianya yang berbahaya, tetapi Cinta Dunia (Hubbud Dunya) nya. Terobsesi dengan dunia, menganggap dunia segalanya. Cintanya terhadap dunia tsb adl pimpinan semua kesalahannya.

Dunia itu bukan saja fisik (benda), tetapi juga penghormatan, pujian dsb.

Penyakit hati banyak, namun yg paling berbahaya yang semuanya kembali kepada yang tiga yaitu Riya , Sombong, Dengki.

Riya : Ingin dilihat (oleh makhluk), ingin pujian (pamer krn ingin sanjungan dan pandangan baik makhluk)

Ujub/Sombong : Tidak mau terima kebenaran, menolak yg haqq, menganggap manusia lain lebih rendah dari dirinya walau setitik perasaan tsb ada dihatinya.

Dengki : Tidak suka orang lain dapat nikmat. Dan sifat hasad ini menghanguskan kebaikan sebagaimana api menghanguskan kayu bakar.


Allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammad wa'ala aalihi washobihi wasalim

فَاعْلَمْ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا اللَّهُ وَاسْتَغْفِرْ لِذَنْبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مُتَقَلَّبَكُمْ وَمَثْوَاكُمْ

Maka ketahuilah, bahwa tidak ada tuhan (yang patut disembah) selain Allah dan mohonlah ampunan atas dosamu dan atas (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan. Dan Allah mengetahui tempat usaha dan tempat tinggalmu."

Surat Muhammad, Ayat 19
Jzakumullah  khairan
​بسم اللّه الرّحمن الرّحيم..
Kata Bijak

Seburuk apapun kamu, jangan pernah malu untuk menyebarkan kebaikan walau hanya sedikit. Karena sekecil apapun cahaya, ia akan dapat menerangi kegelapan yang amat

Hati Yang Gelap

 اربعة من ظلمة القلب بطن شبعان من غير مبالاة وصحبة الظّلمين ونسيان الذّنوب الماضية وطو ل الامل

Terdapat  4 perkara yang dapat menggelapkan hati. Perut yang terlalu kenyang, berteman dengan orang dzalim, melupakan kesalahan yang pernah dilakukan dan suka menghayal .

[Abdullah ibnu Mas'ud]

Previous
« Prev Post

Related Posts

Ada 4 penyakit bagi orang yang mengutamakan urusan dunia
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami