> Tips Mudah Supaya Anak Menyukai Olahraga - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 12, 2019

Tips Mudah Supaya Anak Menyukai Olahraga


Hikmahdanhikmah.com - Olahraga merupakan aktivitas fisik yang sangat menyehatkan tubuh. Baik itu bagi orang tua, anak muda bahkan bagi kalangan anak-anak. Bahkan berdasarkan sebuah study, anak yang secara rutin melakukan olahraga ternyata mempunyai prestasi akademik yang lebih bagus dari pada anak yang malas berolahraga.
Mengapa ada hubungan antara rutinitas melakukan olahraga bagi anak terhadap prestasi belajarnya ? Hal ini dikarenakan aktivitas fisik saat berolahraga yang meliputi kelincahan, kecepatan, keseimbangan anggota tubuh akan berdampak positif bagi kemampuan kognitif anak sehingga bisa berprestasi dalam dunia akademik.

Namun tidak mudah untuk mendidik anak kita suka akan berolahraga. Hal ini sama dengan saat kita mendidik anak kita untuk suka makan sayur atau buah. Berbeda saat anak kita bertemu dengan es krim maka tanpa disuruh pun anak kita akan suka. Bahkan ada beberapa orang tua yang mencoba mendidik anaknya suka akan olahraga dengan sedikit memaksa namun ternyata masih sulit juga.

Berdasarkan sebuah penelitian anak yang duduk di bangku kelas V dan VI SD akan cenderung mengalami penurunan aktivitas dibandingkan saat berada di kelas III atau II. Sebuah penelitian juga yang dilakukan oleh University of Georgia mengatakan bahwa anak yang duduk di bangku SMP akan cenderung tidak mau berolahraga saat ada paksaan atau tekanan untuk melakukan olahraga tertentu. Yang harus dilakukan adalah memberikan kebebasan kepada mereka tentang macam olahraga yang menurut mereka suka. Dengan demikian maka aktivitas anak akan olahraga akan cenderung aktif dibandingkan dengan jika dipaksa.

Banyak orang tua yang bertanya apakah bisa kita menjelaskan akan dampak positif berolahraga pada kesehatan mereka ?. Kebanyakan dari orang tua jarang yang menjelaskan akan hal itu. Mereka cenderung membuat anaknya merasa bersalah saat tidak melakukan olahraga. Seharusnya orang tua bisa mendidik anaknya dengan mengatakan olahraga sebagai kegiatan fisik yang sangat menyenangkan jika dilakukan. Biarkan sang anak memilih bentuk olahraga yang mereka sukai. Tidak mungkin seorang anak suka dengan lari-lari kecil seperti yang dilakukan oleh orang dewasa. Mereka suka akan kegiatan bermain sepakbola, basket, kejar-kejaran dengan temannya yang intinya itu juga termasuk olahraga.
Kenalkan kepada anak akan macam-macam olahraga yang menyenangkan. Biarkan sang anak untuk memilih sendiri bentuk olahraga yang mereka suka. Dengan demikian anak kita akan lebih aktif dalam melakukan olahraga tanpa ada paksaan dari orang tua. Semoga bermanfaat.....



Artikel Terkait :
cara mendidik anak suka olahraga, solusi agar anak suka berolahraga, Tips Mudah Supaya Anak Menyukai Olahraga

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar