Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Manfaatnya Berjalan Kaki Tanpa Menggunakan Alas



Hikmahdanhikmah.com – Berjalan kaki termasuk jenis olahraga fisik yang sangat mudah kita lakukan. Baik mulai dari anak-anak sampai orang tua. Berjalan kaki juga di klaim sebagi olahraga yang paling aman. Untuk lebih meningkatkan efek positif terhadap kesehatan, para ahli menyarankan untuk berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Apa manfaat berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki ?

Bagi anda yang bertempat tinggal di perkotaan mungkin bisa dibilang sangat jarang sekali melepas sandal atau sepatu saat berjalan. Paling-paling saat berada dalam rumah saja. Tetapi jika kita tinggal di pedesaan masih banyak masyarakat yang berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Sensasi kaki telanjang saat menyentuh batu-batuan kecil, tanah, rumput dll membuat reaksi tersendiri bagi tubuh kita. Kalau kita berjalan tanpa alas pada ubin mungkin tidak akan mendapatkan sensasi apa-apa karena ubin lantai sangat datar.

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapat saat kita berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Diantaranya membuat kita lebih stabil, membuat sirkulasi darah menjadi lancar dan semakin erat dengan alam.

Berikut manfaat berjalan kaki tanpa menggunakan alas bagi kesehatan :

1. Dengan kita sering melakukan berjalan tanpa menggunakan alas kaki, maka berdampak mengurangi peradangan pada tubuh kita. Bahkan sebagian para ahli berpendapat berjalan dengan tanpa kaki bisa bermanfaat seperti antioksidan dalam tubuh kita.

2. Manfaat ke dua kalau kita sering berjalan kaki tanpa menggunakan alas kaki adalah membuat suasana hati kita gembira dan bisa menghindarkan dari stres. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa mereka yang lebih sering berjalan tanpa menggunakan alas kaki tidak mudah stres dan cenderung menjadi orang yang ceria.

3. Bagi anda yang mempunyai masalah dengan tidur atau insomnia, maka disarankan untuk sering berjalan kaki tanpa menggunakan alas. Tumpuhan lansung kaki terhadap tanah, bebatuan, rumput bisa berdampak mengurangi hormon kortisol sehingga bisa meningkatkan kualitas tidur.

4. Banyak penelitian yang menyebutkan saat kita berjalan tanpa menggunakan alas kaki, akan membuat proses penyembuhan dalam tubuh kita semakin cepat. Hal ini dikarenakan sentuhan langsung kulit kaki pada alam membuat jaringan tubuh akan bekerja lebih baik.

5. Jika anda tidak ingin mempunyai penyakit kardiovaskuler atau jantung dan pembuluh darah maka sering-seringlah berjalan kaki tanpa menggunakan alas. Selain bisa mencegah penyakit kardiovaskuler berjalan tanpa alas kaki juga bisa bermanfaat mencegah sakit kepala, kembung dan kelelahan.

6. Manfaat terakhir berjalan tanpa menggunakan alas kaki adalah bisa menurunkan berat badan anda. Anda bisa mencoba dengan berjalan pada bebatuan kecil, diatas rumput dan tanah. Lakukan secara teratur dan sering agar bisa berdampak pada penurunan berat badan kita.


Artikel Terkait : Tips Tetap Sehat Meskipun Sibuk Bekerja
Apa Manfaatnya Berjalan Kaki Tanpa Menggunakan Alas, apa saja manfaat berjalan tanpa alas kaki, dampak positif berjalan tanpa alas kaki

Posting Komentar untuk "Apa Manfaatnya Berjalan Kaki Tanpa Menggunakan Alas"

banner 800x90