Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal-hal Yang Menyebabkan Anak Menjadi Hiperaktif



Hikmahdanhikmah.com – Jika kita berbicara tentang perilaku anak, maka unsur genetik juga menentukan karakter anak. Kalau kita mengamati ada sebagian anak yang sangat aktif sekali, namun ada juga anak yang cenderung kalem dan tidak banyak bermain dengan temannya. Namun apa sebenarnya yang menyebabkan anak menjadi hiperaktif ?

Terkadang kita sering melihat seorang anak yang sangat aktif bahkan bisa dibilang tidak ada kata lelah dalam beraktifitas. Kondisi anak yang seperti ini bukan menjadi indikator anak yang sehat, justru anak yang terlalu aktif tanpa kenal lelah mengalami suatu masalah pada perilaku. Ini memerlukan terapi seorang dokter.

Anak yang mengalami perilaku yang hiperaktif kalangan medis menyebutnya dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Pada kondisi ini anak mengalami tidak bisa diam meskipun melakukan hal yang santai misalnya minum susu. Pada anak yang mengalami hiperaktif, saat minum susu tetap saja melakukan aktifitas seperti berlari-lari. Anak yang mengalami hiperaktif akan sulit untuk diajak berkonsentrasi terhadap sesuatu.

Selain sulit untuk berkonsentrasi, anak yang hiperaktif cenderung sulit bergaul dengan temannya. Disamping itu anak yang hiperaktif akan mengalami gangguan isturahat tidur karena sulit untuk melakukan tidur karena banyaknya aktifitas yang dikerjakan. Hasilnya membuat mata anak menjadi berkantung dan terlihat gelap. Anak yang hiperaktif juga kerap mengalami pegal-pegal pada kaki saat malam hari karena aktifitas yang tanpa henti.

Berdasarkan sebuah penelitian, anak yang mengalami hiperaktif bisa dipengaruhi oleh genetik orang tua. Apabila orang tua mempunyai riwayat hiperaktif saat kecil, maka kemungkinan besar anak akan mengalami hiperaktif juga.

Selain faktor genetik, anak yang mengalami hiperaktif juga bisa disebabkan oleh faktor neuroligik ibu saat hamil dan faktor pola hidup yang tidak sehat bahkan buruk pada saat ibu hamil. Bagi wanita yang masih terlalu muda sudah hamil dan mempunyai pola makan yang tidak sehat seperti merokok dan minum alkohol maka bisa memicu anak menjadi hiperaktif. Selain itu bagi bayi yang lahir berat badan yang kurang dan saat lahir melalui proses yang lama akan meningkatkan resiko anak menjadi hiperaktif.

Pencarian terkait :
apa yang menyebabkan anak menjadi hiperaktif, Hal-hal Yang Menyebabkan Anak Menjadi Hiperaktif, penyebab anak menjadi hiperaktif

Posting Komentar untuk "Hal-hal Yang Menyebabkan Anak Menjadi Hiperaktif"

banner 800x90