Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentang Malaikat Kiram

Hikmahdanhikmah.com - MALAIKAT KIRAM: Sesungguhnya para malaikat adalah makhluk gaib yang diciptakan dari cahaya. Mereka dapat mengubah wujudnya ke bentuk dan rupa yang berbeda-beda. Di antara mereka ada yang memiliki dua sayap, tiga sayap, empat sayap, atau lebih. Menurut Ahlussunnah wal Jamaah, mengetahui tiga sifat malaikat berikut adalah wajib.


Pertama, mereka memiliki iman, yakni mereka semua adalah mukmin. Mereka terbebas dari sifat syirik dan kufur.

Kedua, mereka mematuhi segala perintah Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya. Mereka semua adalah makhluk yang taat dan sama sekali tidak menentang Allah SWT.

Ketiga, mereka terbebas dari makan, minum, memiliki jenis laki-laki atau jenis perempuan, dilahirkan, melahirkan, rasa duka, kesedihan, kemalasan, kelelahan, rasa kantuk, dan semua hal yang berkaitan dengan manusia.

Inilah Beberapa malaikat lebih tinggi derajatnya daripada malaikat lainnya.

Malaikat Jibril AS adalah malaikat yang sangat dekat dengan Allah SWT. Ia ditugaskan untuk menyampaikan wahyu. Pada malam Isra Mi’raj, Rasulullah SAW melihat Malaikat Jibril AS dengan enam ratus sayap.

Allah SWT memberikan kekuatan besar kepada Malaikat Jibril AS. Malaikat Jibril AS dapat turun dari langit ketujuh menuju bumi dalam waktu yang singkat. Terkadang Malaikat Jibril AS datang ke hadapan Rasulullah SAW dalam bentuk seorang sahabat yang memiliki wajah tampan, Dihyah Al-Kalbi RA, dan terkadang juga datang dengan memakai gamis putih. (Fara’idul Fawa’id fii Bayanil ‘Aqa’id)

Malaikat Mikail AS bertugas membagikan rezeki dan mengatur peristiwa-peristiwa alam, seperti datangnya angin, turunnya hujan, serta tumbuhnya tanaman dan tumbuh-tumbuhan.

Malaikat Israfil AS bertugas meniup sangkakala, mendatangkan kiamat, serta membangkitkan kembali seluruh makhluk pada hari kiamat.

Malaikat Izrail AS bertugas mencabut nyawa atau mengambil ruh-ruh makluk yang akan mati.

TEKA-TEKI UNTUK ANAK-ANAK:

Bagian dalamnya berwarna kuning, berada di dalam amplop kuning, mereka adalah 12 bersaudara, dan berada dalam satu tempat. (Jeruk)

Sumber artikel ; Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Tentang Malaikat Kiram"

banner 800x90