Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

Hikmahdanhikmah.com - BEBERAPA KEISTIMEWAAN MALAM LAILATUL QADAR: Allah SWT merahasiakan beberapa hal yang berharga karena banyaknya hikmah yang terkandung di dalamnya. Misalnya :


  1. Allah SWT merahasiakan ridha-Nya dalam ibadah dan ketaatan agar hamba-hamba-Nya 
  2. bersemangat dalam setiap ibadah dan ketaatan, merahasiakan kemurkaan-Nya dalam dosa-dosa agar hamba-Nya
  3. meninggalkan semua perbuatan dosa baik kecil maupun besar, 
  4. merahasiakan Ismi Azham-Nya dalam Al-Qur’an secara rahasia agar nama-nama-Nya yang lain juga dimuliakan, 
  5. merahasiakan shalat wustha dalam shalat lima waktu agar hamba-hamba-Nya
  6. senantiasa menjaga dan mengutamakan shalat lima waktunya, 
  7. merahasiakan waktu mustajab (dikabulkannya doa) dalam hari Jum’at agar hamba-Nya senantiasa berdoa sepanjang hari, 
  8. merahasiakan hamba-hamba-Nya yang mulia (para wali) di antara umat manusia agar hamba-hamba-Nya tidak memandang buruk siapa pun, 
  9. dan merahasiakan malam Lailatul Qadar dalam bulan suci Ramadan agar hamba-hamba-Nya senantiasa taat beribadah dan menghidupkan setiap malam pada bulan Ramadan.

Rasulullah SAW telah menjelaskan tanda-tanda malam Lailatul Qadar dengan sabdanya, “Pada malam itu (Lailatul Qadar) langit begitu cerah, terang, dan tidak berawan, hawanya sejuk, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin. Keesokan harinya matahari akan terbit dalam keadaan tidak terang (redup). Lailatul Qadar adalah malam mulia diturunkannya Al-Quran.

Ibadah yang dilaksanakan pada malam ini lebih baik daripada ibadah yang dilakukan selama seribu bulan lainnya (yang di dalamnya tidak ada Lailatul Qadar). Ketika usia umat sebelumnya diperlihatkan kepada Rasulullah SAW, beliau melihat bahwa umur umatnya begitu pendek. Oleh karena itu, Allah SWT memberikan Lailatul Qadar yang lebih baik daripada seribu bulan kepada umat Rasulullah SAW.

Pada malam Lailatul Qadar, para malaikat turun untuk melihat rahasia-rahasia malam ini sehingga permukaan bumi penuh dengan malaikat. Maka, malam ini dinamakan dengan “Qadr” yang bermakna “sempit”.

Rasulullah SAW bersabda, “Pada malam Lailatul Qadar, Allah SWT mengutus malaikat Jibril AS. Malaikat Jibril AS bersama para malaikat lainnya turun ke bumi dengan membawa panji-panji yang berwarna hijau dan menancapkannya di atas Ka’bah. 


Malaikat Jibril AS mengajak para malaikat untuk memberikan salam kepada setiap hamba yang mengerjakan shalat, yang berzikir, dan yang menghidupkan malam tersebut dengan beribadah sambil berdiri dan sambil duduk, kemudian mengaminkan doa mereka. Hal ini terus berlanjut hingga terbit fajar.”

Malam ini penuh dengan keselamatan hingga waktu subuh.

Sumber artikel; Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Beberapa Keistimewaan Malam Lailatul Qadar"

banner 800x90