Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ALLAH Swt suka dimintai Sesuatu

Hikmahdanhikmah.com - ALLAH SWT SUKA DIMINTAI SESUATU: Doa adalah permintaan seorang hamba (yang lemah) atas kebutuhan dan keinginannya kepada Allah SWT Yang Mahakuasa sambil memohon dengan perkataan, perbuatan, dan keadaan, serta disertai dengan kesungguhan dan keikhlasan.



Hakikat doa adalah permintaan seorang hamba kepada Allah SWT serta permohonan untuk mendapatkan rahmat dan pertolongan-Nya.

Doa merupakan pengakuan seorang hamba akan keberadaan, kebesaran, dan kekuasaan Allah SWT atas segalanya, serta pengakuan atas dirinya yang lemah tak berdaya dan membutuhkan Allah SWT, Sang Pencipta Yang Mahamulia.

Allah SWT berfirman (yang artinya), “Katakanlah (Muhammad, kepada orang-orang musyrik), “Tuhanku tidak akan menghiraukan kamu kalau bukan karena doamu (dan ibadahmu)...” (QS Furqan: 77)

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT murka terhadap orang-orang yang enggan meminta kepada-Nya.” Sebab, meninggalkan meminta berarti bersikap sombong dan tidak membutuhkan apa pun. Hal ini dilarang bagi seorang hamba.

Diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud RA bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Mintalah sesuatu dari kemurahan Allah SWT! Sebab, Allah SWT suka dimintai sesuatu.”

Betapa bagusnya perkataan ini, “Allah SWT murka terhadap orang-orang yang enggan meminta kepada-Nya, sedangkan manusia murka jika orang-orang meminta kepadanya.”


MALAM RAGHAIB

Malam Jumat pertama pada bulan Rajab adalah malam Raghaib. Malam ini dinamakan Raghaib karena para malaikat sangat mengidamkan malam ini. Pada malam ini, Sayidah Aminah (R.Anha) menyadari bahwa dirinya sedang mengandung Nabi Muhammad SAW, nabi akhir zaman sekaligus rahmat bagi alam semesta.

Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kalian lalai pada malam Jumat pertama bulan Rajab karena para malaikat memberikan nama Raghaib untuk malam ini. Pada sepertiga malam ini, tidak ada satu pun malaikat yang tinggal di langit dan bumi, semua malaikat berkumpul di sekeliling Ka’bah Al-Mu’azzamah.

Kemudian, Allah SWT berfirman, ‘Wahai para malaikat-Ku, mintalah apa saja yang kalian inginkan dari-Ku.’ Para malaikat pun menjawab, ‘Ya Rabbi, kami meminta kepada-Mu agar Engkau mengampuni orang-orang yang berpuasa pada bulan Rajab.’ Allah SWT berfirman, ‘Aku sudah mengampuni mereka.’”


Agar mendapatkan keberkahan dan cahaya malam ini, hendaklah kita menghidupkan malam ini dengan memperbanyak ibadah dan ketaatan.

Sumber artikel Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "ALLAH Swt suka dimintai Sesuatu"

banner 800x90