Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada Banyak Manfaat Menari Bagi Kesehatan



Hikmahdanhikmah.com – Menari merupakan jenis aktivitas yang sangat menyenangkan. Namun bukan hanya menyenangkan saja, tetapi menari mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Kegiatan fisik yang diiringi dengan irama musik ini membuat tubuh kita bergerak secara harmonis bersamaan lantunan musik yang indah.
Dalam sebuah sebuah jurnal Medical Daily menyebutkan bahwa ada banyak manfaat menari bagi kesehatan, diantaranya :

1.Memberbaiki koordinasi tubuh
Seseorang yang senang melakukan menari, maka secara tidak langsung akan melatih aktivitas fisik dengan psikologis yang terorganisasi dengan baik. Saat kita menari, maka secara otomatis tubuh kita akan banyak melakukan gerakan yang bersifat keseimbangan, kelenturan dan banyak sendi yang bergerak. Dengan adanya irama musik yang indah, maka sistem saraf kita akan mengaktifkan banyak otot gerak tubuh kita untuk melakukan gerakan yang indah.
Kalau kita lihat mereka yang senang menari, maka akan bisa melakukan hal seperti bergerak dengan sangat lembut, serasi dengan mata, gerak tangan dan kaki yang serasi yang semuanya disebabkan karena kordinasi yang baik oleh otak.

2. Menguatkan memori otot
Bagi mereka yang suka melakukan menari, maka bisa sangat bagus untuk menguatkan memori otot. Hal ini membuat seorang penari melakukan gerakan menari dengan sangat rileks tanpa berpikir tentang gerakan selanjutnya.
Bahkan menurut seorang ahli yang bernama Dr. Becca Rodriguez yang berasal dari San Diego Ballet mengatakan bahwa gerakan-gerakan yang terdapat pada menari sangat bermanfaat untuk merangsang sel-sel memori otot yang kita kenal dengan sel B.

3.Meningkatkan aktivitas otak kecil
Dengan semakin banyak seseorang melakukan gerakan tari, maka sangat besar manfaatnya bagi cerebellum atau otak kecil kita. Gerakan tari yang syarat dengan keseimbangan gerak tubuh membuat sistem keseimbangan tubuh kita yang terletak pada otak kecil semakin baik.
Bahkan dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Cerebral Cortex mengatakan bahwa dengan sering melakukan gerakan tari maka bisa meningkatkan ukuran otak kecil manusia. Bukan hanya itu saja gerakan-gerakan tersebut juga bisa mengurangi sering merasa kepala pusing.

4.Menghambat penuaan otak
Tidak dapat dipungkiri, semakin banyak usia kita maka secara alami tubuh kita akan mengalami suatu proses penuaan yang terjadi juga pada otak kita. Dengan sering melakukan menari yang banyak mengaktifkan saraf-saraf otak untuk mengkordinasi antara gerakan dan irama musik membuat fungsi otak kita terjaga dengan baik.
Dalam sebuah studi juga menyebutkan bahwa kegiatan menari ternyata berdampak pada meningkatkanya volume abu-abu pada otak yang terletak pada area hipocampus. Adanya area abu-abu pada otak menjadi pertanda kondisi dan fungsi otak yang masih terjaga dengan baik.

5. Mengurangi risiko penyakit otak
Manfaat menari bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa mengurangi resiko penyakit otak. Seseorang yang senang melakukan gerakan tari maka sangat baik bagi kesehatan otak dan mental seseorang. Selain itu gerakan-gerakan tari juga dipercaya bisa mengurangi resiko amnesia atau pikun.
Dalam sebuah hasil studi yang dilakukan pada tahun 2013 menyatakan bahwa gerakan menari gaya bebas ternyata sangat baik bagi kesehatan otak kita yaitu untuk mempertajam fungsi otak kita.
Itulah beberapa manfaat menari bagi kesehatan. Untuk itu tidak ada salahnya anda mempunyai kegiatan yang bermanfaat seperti menari. Bukan hanya untuk melestarikan kebudayaan bangsa saja, ternyata menari juga sangat bagus bagi kesehatan kita.


Artikel Terkait : Bagaimana Caranya Agar Ingatan Tetap Tajam ?
Ada Banyak Manfaat Menari Bagi Kesehatan, apa saja manfaat menari bagi kesehatan, manfaat menari bagi kesehatan otak

Posting Komentar untuk "Ada Banyak Manfaat Menari Bagi Kesehatan"

banner 800x90