Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cuaca Bisa Mempengaruhi Kesehatan Manusia



Hikmahdanhikmah.com – Tidak salah kalau cuaca memang bisa mempengaruhi kesehatan manusia. Perubahan cuaca yang terjadi kerap mempengaruhi kesehatan kita baik fisik maupun mental. Hal ini sering kita jumpai orang yang mengalami flu saat musim hujan datang. Hal ini menunjukkan kalau perubahan cuaca tidak hanya berdampak pada lingkungan saja.

1. Kualitas tidur
Tidak dipungkiri bahwa dengan suhu lingkungan yang sejuk membuat kebanyakan orang akan memilih untuk tidur. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa dengan suhu tubuh yang turun maka membuat otak kita menjadi lebih rileks dan cenderung untuk memilih tidur.
Hal yang sebaliknya akan terjadi saat cuaca sekitar kita panas atau terlalu lembab. Pada kondisi ini kita akan merasa sulit untuk melakukan tidur atau istirahat. Misalnya pada saat hujan deras dengan petir beserta angin kencang, maka membuat kita justru tidak bisa tidur. Padahal kalau kita lihat suhu pada saat itu lebih dingin.

2. Gangguan psikologi
Bagi mereka yang bertempat tinggal pada tempat yang sering terjadi bencana badai atau angin tornado, maka berdasarkan hasil studi mereka akan cenderung untuk mengalami masalah psikologi berupa kecemasan. Hal ini dikarenakan pada lingkungan tersebut sangat rentan terjadi perubahan cuaca yang terbilang mendadak.

3. Memperburuk alergi
Bagi seseorang yang mempunyai riwayat alergi, saat terjadi angin kencang pertanda mau hujan maka akan membuat kondisi alergi semakin parah. Hal ini dikarenakan saat terjadi angin kencang ada banyak partikel alergen yang terbawa dan beresiko terhirup oleh pernapasan.

4. Lebih gembira saat cuaca cerah
Tidak dipungkiri bahwa suasana atau cuaca yang cerah membuat kebanyakan orang akan merasa lebih bergembira. Saat terjadi cuaca yang cerah maka mood kita akan lebih baik sehingga mendorong banyak orang untuk menikmatinya dengan keluar rumah.

5. Depresi musim dingin
Sering mengalami depresi biasanya terjadi pada daerah yang memiliki empat macam musim. Saat terjadi pergantian musim, mereka cenderung merasa sedih, cemas dan mood menjadi menurun. Bagi daerah yang mengalami empat musim, maka membuat waktu siang terbilang lebih pendek dan terasa gelap.

6. Dehidrasi
Bagi anda yang hidup pada daerah yang panas maka sangat beresiko mengalami dehidrasi. Pada kondisi ini banyak orang yang kehilangan fokus, suhu tubuh menjadi meningkat, mudah untuk marah dan konsentrasi menjadi menurun.

7. Gampang sakit di musim dingin
Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau saat musim dingin atau hujan datang, maka akan ada banyak penderita flu. Hal ini diakibatkan karena perubahan cuaca yang membuat daya tahan tubuh seseorang menjadi menurun. Selain itu mereka yang mengalami flu akan cenderung berada di dalam ruangan sehingga membuat kuman akan tersebar ke ruangan.


Artikel Terkait : Pentingnya Minum Air Dalam Ruangan AC
Cuaca Bisa Mempengaruhi Kesehatan Manusia, hubungan cuaca dengan kesehatan manusia, pengaruh perubahan cuaca bagi kesehatan

Posting Komentar untuk "Cuaca Bisa Mempengaruhi Kesehatan Manusia"

banner 800x90