Oktober 12, 2021

Gaya Hidup Yang Tidak Sehat Bisa Disebabkan Karena Kebiasaan Sering Begadang



Hikmahdanhikmah.com – Semua orang tentu mengetahui bahwa efek dari kurang tidur bisa sangat mengganggu kesehatan. Dalam banyak penelitian juga menyebutkan tentang bahaya kurang tidur yang bisa memicu berbagai macam penyakit berbahaya. Bukan hanya itu saja, ternyata gaya hidup yang tidak sehat juga bisa disebabkan karena kebiasaan sering begadang.

Hasil yang mencengangkan berasal dari sebuah hasil studi yang dilakukan di Inggris dengan melibatkan 440.000 orang dewasa. Dari hasil studi tersebut ternyata mereka yang melakukan tidur kurang dari 6 jam pada malam hari beresiko mempunyai kebiasaan yang buruk yaitu merokok. Hasil yang berbeda didapatkan bagi mereka yang melakukan tidur 7-8 jam pada malam hari.

Oleh karena itu kebiasaan seperti suka begadang atau kebanyakan orang menyebutnya ‘burung hantu’ sangat tidak baik bagi kesehatan karena terbukti secara ilmiah mampu membuat seseorang melakukan pola hidup yang tidak sehat.

Kalau kita mengamati orang yang begadang, maka mereka cenderung banyak menonton TV dan jarang melakukan aktivitas fisik. Mereka akan cenderung menjadi orang yang pemalas. Selain itu mereka juga enggan untuk konsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayuran. Mereka akan cenderung konsumsi makanan yang berlemak yang tidak bagus bagi kesehatan.

Nah, kalau kita sudah mempunyai pola hidup atau kebiasaan yang tidak sehat, maka secara otomatis tubuh kita akan rentan terhadap berbagai penyakit yang berbahaya. misalnya jika kita mempunyai kebiasaan merokok, maka bisa meningkatkan resiko penyakit kanker paru, jantung dan impotensi.

Dalam sebuah studi lain menyatakan bahwa jika kita sering kurang tidur pada malam hari, maka akan membuat banyak kolesterol baik dalam tubuh kita menjadi terbuang sia-sia. Padahal kolesterol baik sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan jantung. Kalau kita mengalami defisit kolesterol baik, maka akan meningkatkan resiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Apakah artinya begadang tidak boleh dilakukan sama sekali ?. Bukan berarti begadang tidak boleh dilakukan sama-sekali. Jika memang ada sesuatu hal yang sangat penting misalnya bekerja shift malam atau ada hajatan, maka boleh-boleh saja melakukan begadang. Namun setelah itu anda harus mengantinya dengan tidur yang cukup.

Artikel Terkait : apa yang akan terjadi pada tubuh manusia kurang tidur

dampak buruk sering begadang bagi kesehatan, Gaya Hidup Yang Tidak Sehat Bisa Disebabkan Karena Kebiasaan Sering Begadang, penyebab seseorang melakukan gaya hidup tidak sehat

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar