Maret 08, 2022

Orang yang Meminum Khamar Akan menyia-nyiakan Hidupnya



Hikmahdanhikmah.com
- Rasulullah SAW bersabda mengenai dosa dan keburukan minum minuman yang memabukkan,

“Khamar (minuman keras) adalah kunci semua keburukan. Barang siapa meminumnya, niscaya shalatnya selama empat puluh hari tidak akan diterima. Barang siapa wafat dalam keadaan terdapat khamar di dalam perutnya, ia wafat dengan kematian jahiliah.”

“Barang siapa beriman kepada Allah SWT dan hari akhir, hendaklah ia menjauhi khamar. Barang siapa beriman kepada Allah SWT dan hari akhir, hendaklah ia tidak duduk di meja makan yang di atasnya dihidangkan khamar. Barang siapa beriman kepada Allah SWT dan hari akhir, hendaklah ia tidak berduaan dengan wanita yang bukan mahramnya.”

“Jauhilah khamar! Sebab, dosa meminum khamar di atas segala dosa lainnya sebagaimana pohon anggur berada di atas pohon-pohon lainnya.”

“Diangkatnya ilmu, menyebarnya kebodohan, maraknya minuman keras, dan dilakukannya zina secara terang-terangan termasuk tanda-tanda kiamat.”

Khamar atau minuman keras yang terdapat di dalam hadis mencakup semua minuman keras yang memabukkan.

Ketika sedang bersama sekelompok sahabat, Sayidina Abu Bakar RA ditanya, “Apakah kau tidak pernah meminum khamar pada masa jahiliah?” Ia menjawab, “Aku sama sekali tidak pernah meminumnya. Aku berlindung kepada Allah SWT dari meminum khamar.” Lalu, ditanya kembali, “Mengapa kau tidak pernah meminumnya?”

Abu Bakar RA menjawab, “Pada waktu itu juga aku selalu menjaga kehormatan dan hartaku. Barang siapa meminum khamar, berarti ia telah menyia-nyiakan hidup dan kemanusiaannya.” Ketika percakapan ini sampai ke telinga Rasulullah SAW, beliau bersabda, “Abu Bakar telah benar dalam perkataannya dua kali.”

Diriwayatkan juga dari Sayidah Aisyah Radhiyallâhu ‘anha bahwasanya Sayidina Abu Bakar RA sama sekali tidak pernah meminum khamar pada masa jahiliah.

NAMA-NAMA: Laki-laki: Ibrahim, Perempuan: Hajar

Sumber artikel:Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar