Mei 26, 2022

Kisah Ashabul Badar,Ziyad bin Sakan Radhiyallahu anhu



Hikmahdanhikmah.com - Ziyad bin Sakan RA berasal dari golongan Ansar dan Bani Abdul Asyhal, suku Aus. Nasabnya bergabung dengan Muadz bin Jabal RA di kakeknya yang ketiga.

Ziyad bin Sakan RA adalah salah seorang sahabat yang mati syahid ketika bertahan untuk melindungi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pada Perang Uhud.

Pada Perang Uhud, ketika peperangan sedang berlangsung sangat sengit, Rasulullah SAW tinggal sendirian dan dikepung oleh musuh-musuh dari semua arah. Mus’ab bin Umair dan Abu Dujanah R.’Anhuma melindungi Rasulullah SAW. Mus’ab bin Umair RA mati syahid dan Abu Dujanah pun mendapatkan banyak luka dan akhirnya terjatuh. Wajah mulia Rasulullah SAW mendapat sebuah serangan, gigi geraham beliau tanggal, bibir dan pipi Rasulullah SAW terluka. 

Padahal, Rasulullah SAW mengenakan baju besi dua lapis. Dalam keadaan itu, Rasulullah SAW berkata, “Siapa pun yang bisa membubarkan musuh-musuh ini, ada surga baginya.” Lima orang dari kalangan Ansar segera datang dan Ziyad bin Sakan adalah salah seorang di antara mereka. Mereka bertarung dengan sangat berani dan menghentikan musuh-musuh. Lima orang itu semuanya mati syahid, bahkan yang terakhir mati syahid di antara mereka adalah Ziyad bin Sakan. Saat itu juga, orang-orang muslim lainnya datang, berkumpul di sekeliling Rasulullah SAW dan mengusir musuh.

Baca juga: Kisah Perang Uhud pertempuran yang pecah antara kaum muslimin dan kaum kafir Quraisy.

Rasulullah SAW berkata untuk Ziyad RA yang terluka berat, “Dekatkanlah ia kepadaku.” Ziyad RA tidak bisa bergerak karena luka-luka yang didapatkannya. Rasulullah SAW menjadikan lutut mulianya sebagai bantal untuk kepalanya dan dalam keadaan inilah Ziyad RA melepaskan ruhnya. Radhiyallāhu ‘anhu.

Sumber artikel:Fazilet takvimi


Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar