Tidak Baik Sering Memaksa Anak Untuk Menghabiskan Makanan


Tidak Baik Sering Memaksa Anak

sumber gambar : Tempo.co

InspirasiBersama.com – Bagi ibu-ibu, perlu tahu kalau sering memaksa anak untuk menghabiskan makanan adalah hal yang kurang baik. Mungkin niatnya bagus agar anak mau makan dan tercukupi asupan gizi, namun hal ini tidak disarankan oleh para pakar kesehatan anak.

Menurut para pakar kesehatan anak mengatakan bahwa mengajarkan pola makan yang sehat sejak dini kepada anak sangatlah bagus, namun bukan berarti selalu memaksa untuk makan. Aktivitas makan bagi anak sebaiknya jangan terkesan menjadi sebuah paksaan bagi anak.
Sebaiknya saat memberikan makan kepada anak, jika seorang anak sudah terlihat tidak mau makan ya jangan di paksa makan terus. Itu artinya anak kita sudah tidak mau makan lagi.

Pemberian makanan pendamping pada bayi memang sangat penting. Untuk pemberian makanan pendamping sebaiknya diberikan dua jam sekali. Anda bisa memberikan secara selang-seling dengan menu yang sehat. Dengan begitu anak akan bisa mengenali rasa kenyang dan lapar.

Memberikan porsi makan yang besar kepada anak akan berdampak kurang baik bagi kesehatan. Hal ini disebabkan karena anak mempunyai perut yang relatif kecil. Oleh karena itu disarankan untuk memberikan makan dua jam sekali. Dengan begitu, maka anak akan tahu kalau makan dengan porsi yang sedikit akan memberikan rasa lapar.

Selain itu orang tua juga dituntut untuk peka melihat respon seorang anak yang lapar. Respon yang diberikan oleh anak saat lapar biasanya akan mengisap atau memasukkan jari ke mulut, menangis. Jika mengetahui anak sedang melakukan kebiasaan tersebut, maka kita bisa memberikan anak makan.


Yang perlu dihindari adalah saat anak menangis jangan langsung diberikan ASI agar anak menjadi tenang. Kebiasaan ini ternyata kurang bagus bagi kesehatan. Sebaiknya orang tua menenangkan bayi terlebih dahulu baru kemudian memberikan ASI.

Dengan menerapkan pola makan yang baik dan menjadikan aktivitas makan menjadi hal yang menyenangkan, maka membuat anak suka untuk makan. Jika sudah tercapai, maka tumbuh kembang anak akan berjalan dengan baik karena asupan nutrisi yang tercukupi.

Pencarian terkait :

bahaya selalu memaksa anak makan, dampak buruk sering memaksa anak makan, efek buruk sering memaksa anak makan, memaksa anak makan, mengapa memaksa anak makan tidak baik bagi kesehatan, Tidak Baik Sering Memaksa Anak Untuk Menghabiskan Makanan, tidak disarankan untuk memaksa anak makan
Previous
« Prev Post

Related Posts

Tidak Baik Sering Memaksa Anak Untuk Menghabiskan Makanan
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami