Tips Memilih Durian Yang Baik dan Enak


Tips Memilih Durian Yang Baik dan Enak


Hikmahdanhikmah.com – Durian memang menjadi salah satu buah yang menjadi primadona di Indonesia. Meskipun mempunyai bau yang kurang sedap menurut sebagian orang, tetapi durian mempunyai rasa yang khas dan enak. Lantas bagaimana tips memilih durian yang baik dan rasanya enak ?

Saya menulis artikel ini bersumber dari kompas.com yang meliput seorang penjual durian yang sudah lama dilakukan. Dengan mendengarkan tips memilih durian yang baik langsung dari penjual yang berpengalaman, maka kita tidak akan salah memilih durian yang enak dan bagus saat membeli.

Menurut salah seorang penjual durian yang sudah lebih dari lima tahun berjualan, untuk bisa memilih durian yang baik kita perlu memperhatikan tigal hal. Tiga hal tersebut adalah bau, bobot dan wujud dari durian tersebut.

Hal pertama adalah baunya. Cium durian yang hendak kita beli, apakah mempunyai bau yang enak atau tidak ?. Secara spesifik penjual tidak bisa mendeskripsikan bau durian yang enak. Namun kita pastinya tahu bau durian yang sekiranya enak dan lezat.

Hal kedua yang harus kita perhatikan saat memilih durian yang enak dan baik adalah bobotnya. Apakah bobot sesuai dengan ukuran durian ? Jangan sampai durian  dengan ukuran yang besar, namun ternyata mempunyai bobot yang ringan. Hal ini tentu bukan durian yang enak dan bagus. Jangan juga memilih durian dengan bobot yang berat meskipun dengan ukuran yang terbilang kecil karena menandakan durian belum matang.

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah penglihatan akan wujud durian tersebut. Aspek inilah yang menurut para penjual sulit dilakukan oleh para pembeli. Menurutnya hal ini sulit dijelaskan karena merupakan insting seorang yang sudah berpengalaman bersama durian.


Tidak bisa dikatakan bahwa durian dengan warna daging yang kuning pasti memiliki rasa yang enak. Namun kebanyakan para konsumen beranggapan bahwa durian dengan warna daging yang kuning mempunyai rasa yang enak dan lezat. Padahal hal ini bukan menjadi suatu jaminan.

cara memilih durian isi kuning, cara memilih durian montong, cara mengetahui durian yang enak, ciri durian matang, ciri durian yang enak, durian yang paling enak, tips membeli durian, Tips Memilih Durian Yang Baik dan Enak
Previous
« Prev Post

Related Posts

Tips Memilih Durian Yang Baik dan Enak
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami