> Apa Yang Menyebabkan Sering Galau Secara Tiba-tiba ? - BAYAR ZAKAT ONLINE

Juli 18, 2019

Apa Yang Menyebabkan Sering Galau Secara Tiba-tiba ?



Hikmahdanhikmah.com – Galau merupakan sebutan bagi mereka yang sedang mengalami kesepian, sedih, dan perasaan tidak tenang. Mungkin kita juga pernah mengalami perasaan galau yang terjadi secara tiba-tiba. Lantas apa yang menyebabkan sering merasa galau secara tiba-tiba ?.

Tahukah kita bahwa perasaan galau tidak mesti terjadi saat seseorang mengalami patah hati saja. Ternyata kalau kita perhatikan, ada banyak kebiasaan sehari-hari kita yang bisa menyebabkan perasaan galau.

Berikut beberapa penyabab seseorang sering merasa galau secara tiba-tiba :

1. Hidup di dunia virtual
Penyebab pertama orang sering mengalami galau adalah disebabkan karena kebiasaan menggunakan gadget. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa gadget dan media sosial kini menjadi gaya hidup manusia modern. Mereka cenderung menghabiskan waktu berjam-jam hanya melototi gadget mereka hanya sekedar cari informasi di internet, bermain game dan berinteraksi dengan orang lain melalui media sosial.

Berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan bahwa seorang wanita yang bisa menghabiskan waktunya sekitar 150 jam dalam seminggu untuk bermain gadget, maka cenderung akan mudah mengalami depresi.

Baca Juga : Pentingnya Mematikan Gadget Satu Jam Sebelum Tidur

2. Bekerja terlalu keras
Penyebab kedua seseorang mengalami sering galau disebabkan karena terlalu cinta pada pekerjaan. Sebenarnya cinta pekerjaan merupakan hal yang baik. Tetapi kalau berlebihan sampai bekerja tanpa kenal waktu tentunya tidak bagus dan tanpa disadari akan memicu perasaan stres.

Saat kita mengalami stres, maka akan terjadi gangguan pada saraf kita untuk bisa membentuk dan membuat koneksi baru. Selain itu kondisi stres akan menyebabkan meningkatnya produksi hormon kortisol dan adrenalin sehingga sering kali saat kita stres akan lebih mudah untuk emosi dan lelah.

Yang harus kita lakukan adalah tetap memberikan waktu istirahat yang cukup untuk istirahat dan refreshing. Dengan melakukan kegiatan berlibur maka perasaan dan otak kita akan kembali fresh dan gembira.

3. Selalu diet
Banyak orang yang tidak sadar bahwa apa yang kita lakukan yaitu diet secara terus-terusan akan membuat kita stres dan mood yang buruk. Hal ini disebabkan karena kita terlalu membatasi banyak makanan dalam jangka waktu yang lama.

Pada saat kondisi ini otak kita membutuhkan asupan nutrisi yang cukup berupa asam lemak tidak jenuh yang banyak mengandung omega 3. Dengan kandungan omega 3 yang tinggi maka akan membuat otak kita berkembang dengan baik dan tidak mudah mengalami perasaan galau.

Yang harus kita lakukan adalah tetap melakukan pola diet yang sehat, namun jangan juga terlalu ketat untuk membatasi asupan makanan dalam kurun waktu yang lama. Kenali jenis-jenis makanan yang sehat yang tetap bisa kita konsumsi.

4. Kehidupan sosial kurang
Tidak dapat dipungkiri kalau banyak melakukan hubungan sosial akan membuat kita tidak mudah untuk galau. Hal ini disebabkan karena dengan banyak interaksi sosial, maka kita akan mendapatkan dukungan sosial yang lebih banyak sehingga membuat kita lebih bahagia.

Kondisi sering merasa galau atau stres membuat kesehatan kita menjadi terganggu. Hal ini disebabkan karena saat itu sistem imunitas tubuh kita akan menurun yang memudahkan berbagai macam penyakit masuk dalam tubuh kita.

Untuk itu jika kita ingin tidak gampang galau atau stres, maka cobalah untuk melakukan banyak hal yang sudah kita sebutkan diatas mulai dari membatasi menggunakan gadget, memberikan waktu istirahat yang cukup dan refreshing, jangan melakukan diet yang lama, dan lakukan banyak kegiatan sosial dengan orang lain.

Berikut SOLUSI bila HATI GALAU

CARILAH KEDAMAIAN HATIMU DI TIGA TEMPAT
 
  • Disaat mendengarkan Al-Qur’an, 
  • Disaat menghadiri majelis ilmu, 
  • Disaat engkau berkhalwat sendiri (dalam Ibadah).

Jika engkau tidak mendapatkannya, maka memohonlah kepada Allah agar memberimu hati yang lain. Karena (pada hakikatnya) engkau tak lagi memiliki hati.”

(Ibnul Qoyyim Al-Jauziyah dalam kitab fawaaid: 1/149).

Silahkan disebarkan, mudah2an anda mendapatkan bagian dari pahalanya 


Artikel Terkait : Enam Dampak Buruk Stres Bagi Kesehatan

apa yang menyebabkan kita mudah stres, Apa Yang Menyebabkan Sering Galau Secara Tiba-tiba, bagaimana cara mengusir galau dengan cepat, beberapa perilaku yang memicu stres dan galau, solusi mengatasi stres dan galau

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar