> Mengapa Kita Mengalami Cegukan ? - BAYAR ZAKAT ONLINE

Juli 09, 2019

Mengapa Kita Mengalami Cegukan ?


Mengapa Kita Mengalami Cegukan ?

sumber gambar : http://www.alodokter.com

Hikmahdanhikmah.com - Semua orang pastinya pernah mengalami cegukan. Cegukan memang bukan sebuah masalah kesehatan serius, namun kondisi ini bisa sangat mengganggu. Misalnya saja saat sedang ngobrol dengan teman atau sedang kencan dengan pasangan. Mungkin kita akan bertanya-tanya mengapa kita bisa mengalami cegukan ?.

Mengalami cegukan saat sedang berinteraksi dengan orang bisa membuat lawan ngobro kita menjadi kurang nyaman. Bahkan kondisi ini bisa membuat kita merasa malu dan akhirnya mengakhiri ngobrol dengan orang lain. Tentunya kita semua tak ingin hal ini terjadi bukan ?.

Apa sebenarnya cegukan itu ? Menurut salah seorang pakar kesehatan yang bernama Eugene Chio, M.D mengatakan bahwa cegukan diakibatkan oleh adanya kejang otot yang terjadi pada daerah diafragma.

Yang memicu terjadi kejang pada otot diafragma kita adalah adanya gangguan pada saraf frenik. Saraf frenik inilah yang mempunyai peranan sangat panting dalam mengontrol otot diafragma berjalan dengan baik. Bila saraf frenik mengalami gangguan, maka besar kemungkinan akan terjadi kejang otot yang memicu munculnya cegukan.

Secara normal cegukan sebenarnya bisa hilang dengan sendirinya. Namun ada pula sebagian orang yang memang sering mengalami gangguan saraf yang akhirnya menyebabkan cegukan berlangsung lebih lama bisa lebih dari 48 jam atau bahkan berbulan-bulan.

Bila anda merasa terlalu sering mengalami cegukan dan berlangsung cukup lama, maka disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Namun jika ternyata cegukan hanya berlangsung tak lama itu bukan sebuah masalah kesehatan yang serius. Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait : Tips Aman Meredakan Cegukan Pada Bayi
apa yang memicu cegukan, apa yang menyebabkan cegukan, Mengapa Kita Mengalami Cegukan, pemicu cegukan, penyebab cegukan

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar