Manfaat Menangis Saat Stres


Himahdanhikmah.com – Sering kali kita mendengar kalau menangis saat kita sedih atau stres membuat hati kita lebih lega. Ternyata itu adalah benar. Dari segi kesehatan, menangis saat stres memiliki manfaat dibandingkan dengan tidak.
Menurut para ahli, saat kita mengalami stres dan melakukan menangis, maka tingkat stres yang dialami akan menurun. Hal ini akan lebih baik daripada saat stres hanya berusaha menenangkan diri dengan menarik napas dalam.

Tidak dapat dipungkiri kalau dengan menangis maka beban yang ada dalam pikiran kita akan sedikit berkurang. Hal ini tentu akan berdampak positif bagi kesehatan emosi dan psikologi seseorang. Selain itu setelah menangis kita akan merasakan suasana hati yang lebih tenang.
Bahkan dalam sebuah studi  juga menyebutkan tentang manfaat menangis saat stres. Saat kita mengeluarkan air mata saat menangis, maka sesungguhnya sama halnya dengan mengeluarkan hormon stres dari dalam tubuh kita.

Bahkan menurut para ahli, air mata yang keluar saat nangis mengandung hormon stres yang meliputi protein prolaktin, hormon adrenocorticotropic dan leucine enkephalin (hormon untuk penghilang rasa nyeri).

Selain itu saat kita menangis, maka yang terjadi adalah terjadi penurunan kadar kortisolyang disebabkan karena keluarnya hormon adrenocorticitropic. Kita tahu bahwa hormon kortisol merupakan hormon yang identik dengan perasaan stres, cemas dan panik. Tingginya kadar hormon ini juga bisa menyebabkan kita memiliki perut yang buncit. Jadi kalau kita bisa mengurangi hormon kortisol, maka bisa dipastikan bahwa kita akan lebih bahagia dan lebih langsing dan bahagia.


Artikel Terkait : Tanda-tanda Kalau Kita Mengalami Stres

apa pentingnya menangis saat stres, Manfaat Menangis Saat Stres, mengapa menangis disarankan saat kita stres
Previous
« Prev Post

Related Posts

Manfaat Menangis Saat Stres
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami