> Beberapa Kesalahan Orang Tua Yang Bisa Membuat Anak Menjadi Nakal - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 09, 2019

Beberapa Kesalahan Orang Tua Yang Bisa Membuat Anak Menjadi Nakal

sumber gambar : kunyadu.com

Hikmahdanhikmah.com – Menjadi orang tua yang baik bukanlah perkara yang mudah. Ini sebuah tentangan tersendiri bagi mereka yang sudah menikah dan mempunyai anak. Tidak jarang orang tua yang mengeluhkan kalau anaknya nakal dan susah di atur.

Mempunyai seorang anak yang sesuai yang diinginkan bukan perkara yang mudah, tetapi juga bukan hal yang mustahil. Orang tua perlu mengetahui bagaimana cara mendidik anak yang benar. Selain itu penting juga mengetahui beberapa kesalahan yang justru membuat anak bersikap nakal.

Berikut beberapa kesalahan orang tua yang membuat anak menjadi nakal :

1. Anda membiarkan anak bersikap tidak sopan
Apabila ada orang tua yang sering membiarkan anak berkata tidak sopan kepada orang lain, maka besar kemungkinan anak akan tumbuh menjadi pribadi yang nakal dan tidak menghormati orang lain.
Kebiasaan ini bisa muncul saat anak berkata tidak sopan, memanggil orang yang lebih tua secara sembarangan, berkata kasar kepada orang tua, suka meminta bantuan orang lain tanpa kata ‘tolong’ dll.

2. Anda tidak berusaha memperbaikinya sejak anak masih kecil
Yang perlu diketahui orang tua adalah mendidik anak sejak usia dini sangatlah penting. Ajarkan tentang hal yang baik sedini mungkin, jangan tunggu anak sampai mengerti.
Sekarang tergantung orang tua masing-masing. Kalau menginginkan anak yang bisa sopan terhadap orang lain, maka ajarkan anak untuk berkata sopan dan biasakan bilang kata ‘tolong’ saat meminta bantuan kepada orang lain.

3. Anda membiarkan anak bertingkah di area publik
Sering kali kita melihat orang tua yang dengan sengaja membiarkan anak bertingkat sesukanya di area publik. Mungkin mereka ingin membuat anak menjadi pribadi yang percaya diri. Namun sering membiarkan anak bertingkah sesukanya di area publik mendidik anak menjadi pribadi yang nakal.
Yang perlu diketahui oleh para orang tua adalah seorang anak boleh bertingkah ditempat umum, namun tidak boleh sampai mengorbankan atau mengganggu orang lain. Area publik merupakan tempat dimana banyak orang berkumpul dan punya kepentingan yang sama.

4. Anda takut melukai hati anak
Banyak orang tua yang tidak mau melukai hati anaknya dengan perkataan yang keras. Misalnya saja melarang anak dengan ucapan ‘tidak’ karena melakukan sesuatu yang diinginkan anak. Dengan begitu akan membuat anak berbuat semaunya.

Baca Juga : Penyebab Anak Suka Tak Pedulikan Larangan Orang Tua
Ternyata kebiasaan suka membiarkan anak seperti ini membuat anak menjadi pribadi yang nakal. Melarang atau menerapkan kedisiplinan kepada anak dengan perkataan yang keras tidak menurunkan rasa percaya diri anak dan menjauhkan kita dari anak.

Namun dengan bersikap tegas dan disiplin kepada anak akan melatih atau mendidik anak untuk menjadi pribadi yang baik dan bisa menghargai orang lain. Misalnya saja memarahi anak yang sedang berteriak saat anda ajak ke supermarket. Anda harus bersikap disiplin untuk memberikan pelajaran kepada anak akan batasan perilaku yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berada di tempat umum.


Sumber : Kompas.com

bagaimana caranya agar anak tidak tumbuh menjadi nakal, Beberapa Kesalahan Orang Tua Yang Bisa Membuat Anak Menjadi Nakal, cara mendidik anak yang benar, cara mendidik kedisiplinan pada anak, penyebab anak menjadi nakal, solusi bagi anak kecil yang nakal, solusi jika anak kecil nakal, tips mendidik anak agar tidak nakal

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar