Oktober 21, 2019

Manfaat Olahraga Bisa Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak


Hikmahdanhikmah.com – Saat mendapati seorang anak mengalami penurunan prestasi belajar, maka sebagai orang tua tentu akan merasa gelisah. Hal ini disebabkan karena kurangnya konsentrasi belajar anak. Namun dengan sering melakukan olahraga, maka akan bisa meningkatkan konsentrasi belajar anak.

Biasanya saat seorang anak mengalami penurunan prestasi belajar, maka orang tua akan berupaya dengan cara mengikutkan anaknya dengan beberapa les tambahan yang bisa meningkatkan prestasi belajarnya. Namun ternyata dengan melakukan hal yang seperti itu justru akan membuat anak kurang efektif dalam belajar. Anak akan banyak menghabiskan waktunya untuk belajar saja.

Menurut seorang ahli psikolog yang bernama Verauli, untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak yang menurun, maka dorong anak untuk lebih aktif bergerak atau olahraga. Hal ini dikarenakan berdasarkan hasil studi menyebutkan bahwa seorang anak yang rutin melakukan olahraga, maka akan meningkatkan prestasi akademik, meningkatnya konsentrasi belajar dan memiliki psiko-sosial yang lebih baik.

Baca Juga : Warna Kuning Terbukti Bisa Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak

Oleh karena itu olahraga menjadi kunci meningkatkan konsentrasi belajar anak. Saat kita memaksa anak untuk banyak belajar dan mengikuti les, maka seorang anak akan banyak menghabiskan waktunya untuk belajar. Padahal hal ini justru akan membuat anak merasa bosan dan tidak meningkatkan konsentrasi belajarnya. Selain itu penting juga untuk menjaga waktu istirahat yang cukup yang menunjang kemampuan konsentrasi otak.

Waktu tidur yang cukup memiliki peranan yang tidak kalah pentingnya dengan olahraga. Saat seorang anak mengalami kurang waktu tidur, maka akan membuat anak sering merasa pusing, lelah, dan malas beraktivitas.

Untuk bisa membuat seorang anak meningkat konsentrasi belajarnya, maka sebagai orang tua harus memberikan porsi yang cukup bagi anak untuk olahraga, tidur cukup pada malam hari, dan jangan lupa pula untuk memberikan menu makanan yang sehat dan bergizi. Bagaimanapun kegiatan belajar membutuhkan kemampuan otak yang maksimal agar hasilnya bisa maksimal.


Artikel Terkait : Tips Mudah Supaya Anak Menyukai Olahraga
cara meningkatkan konsentrasi belajar anak, hubungan olahraga dengan konsentrasi belajar, manfaat olahraga bagi prestasi belajar anak, Manfaat Olahraga Bisa Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar