Amalan Terbaik Yang Harus di Pertahankan


Amalan Terbaik

Hikmahdanhikmah.com - Ahsanu Amalan
Abdurrahman as-Sa'di dalam kitabnya,Tafsir karim ar-Rahman fi kalam al-mannan mengomentari "ahsanu amalan" (Amalan terbaik) dengan kata,amalan yang dimaksud adalah perbuatan yang didasari keimanan dan paling ikhlas serta paling benar (sebagaimana dicontohkan) perilaku Nabi dan para Sahabat."

Bagi seorang pelaku aktivis dawah,hal ini -ahsanu amalan-mutlak dimiliki dan terus dipertahankan.sebab, Allah Ta'ala ingin melihat mujahadah dan kerja keras seorang Hamba-Nya.

Seorang juru dawah di tuntut untuk terus berkreasi dalam memperjuangkan dawah dan bersunggguh-sungguh menyebarkan kebaikan kepada orang lain.namun,Allah tidak pernah meminta dan menentukan hasil yang harus dicapai dalam dawah tersebut.

Kesedihan yang melanda pada diri Rasulullah pada waktu itu,adalah hal yang sangata wajar.namun Rupanya Allah tidak ingin Nabi lalu kecewa karena usahanya yang " tidak berhasil" mengislamkan pamannya.
Baca juga : Hidayah adalah Hak ALLAH

Mutiara hikmah ini menngajarkan kepada kita semua,seorang mukmin yang telah menyandarkan perbuatanya secara ikhlas kepada Allah.bersungguh-sungguh dalam berbuat adallah bentuk Tawaqal yang sesungguhnya.maka sosok mukmin seperti itu tak pantas untuk kecewa dan berkecil hati.sebab curahan hidayah adalah hak mutlak Allah,tanpa ada campur tangan hamba disana.

Keikhlasan dalam melakukan pekerjaan senantiasa melahirkan kejernihan Hati dan pikiran serta dada yang lapang.kelapangan hati ini menjadi hiasan yang sangat indah dalam perbuatan.Meski terkadang usaha tersebut tidak sepi dari cemoohan dan suara-suara yang antipati dan tidak setuju.
Previous
« Prev Post

Related Posts

Amalan Terbaik Yang Harus di Pertahankan
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami