Pentingnya Melatih Anak Untuk Menyelesaikan Masalah Sendiri

sumber gambar : http://abiummi.com/

Hikmahdanhikmah.com – Meskipun anak mempunyai seorang perisai yaitu orang tua, namun melatih anak untuk berusaha menyelesaikan masalah sendiri sangatlah penting.

Seorang anak yang tak mampu menyelesaikan masalahnya sendiri kerap melibatkan orang tua. Padahal kalau ditelusuri masalah tersebut sangat sepele. Kondisi ini kerap membuat para orang tua salah paham dan memicu konflik antara orang tua.
Kondisi ini pernah terjadi kepada seorang anak yang mengaku kepada orang tua mengalami perlakuan yang tak pantas dari temannya. Orang tua anak langsung naik darah dan berusaha ‘menyerang’ orang tua murid dan melaporkannya pada pihak sekolah.

Namun setelah ditelusuri, sang anak hanya mendapatkan dorongan dari teman saat bermain di sekolah. Kondisi ini tidak mengakibatkan hal yang serius bagi anak.

Disinilah pentingnya mengajarkan anak untuk berusaha menyelesaikan masalahnya sendiri. Bukan hanya itu saja, orang tua juga tidak disarankan langsung memvonis suatu masalah secara sepihak. Perlu ditelusuri terlebih dahulu apa sebenarnya yang terjadi.

Baca Juga : Waspada Terhadap Anak Yang Mempunyai Sifat Terlalu Pemalu

Setelah kejadian tersebut, sang anak yang mendapatkan dorongan dari teman akhirnya mendapatkan perlakukan yang kurang enak dari teman di kelasnya. Mereka merasa malas bermain dengan si anak karena takut orang tuanya suka marah-marah.

Dalam hal ini yang dirugikan adalah si anak itu sendiri. Dia menjadi anak yang tergantung kepada orang tua dan tidak mempunyai teman bermain saat di sekolah.

Menurut seorang psikolog mengatakan bahwa dalam rangka melatih anak untuk menyelesaikan masalahnya sendiri, orang tua perlu memberikan sebuah arahan sekaligus kepercayaan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.

Meskipun demikian bukan berarti orang tua lepas tangan terhadap masalah anak. Orang bisa ikut menyelesaikan masalah anak namun dibelakang layar. Artinya ajak anak untuk berdiskusi tentang masalahnya dan berikan solusi yang harus dilakukan. Berikan dukungan agar anak mampu menyelesaikan masalahnya sendiri.


Artikel Terkait : Cara Melatih Anak Untuk Mempunyai Keterampilan Sosial
cara melatih anak mengatasi masalahnya sendiri, cara mendidik anak untuk mandiri mengatasi masalah, mendidik anak mengatasi masalah sendiri, Pentingnya Melatih Anak Untuk Menyelesaikan Masalah Sendiri, pentingnya mengajari anak untuk mampu mengatasi masalahnya sendiri, tips mendidik anak mampu mengatasi masalahnya sendiri
Previous
« Prev Post

Related Posts

Pentingnya Melatih Anak Untuk Menyelesaikan Masalah Sendiri
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami