Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Negatif Anak Sering Berkhayal Bisa Memicu Obesitas



Hikmahdanhikmah.com – Anak memang terkadang suka berkhayal tentang sesuatu yang biasa dia lihat pada televisi. Misalnya saat sekolah, terkadang saat mendengarkan pelajaran dari Guru anak kita justru asyik berkhayal tentang hal lain yang keluar dari pelajaran. Disamping akan merugikan dari segi prestasi belajar, ternyata dampak negatif anak sering berkhayal bisa memicu obesitas.
Menurut seorang peneliti yang bernama Betty Ann Chodkowski, PhD mengatakan obesitas yang terjadi pada orang dewasa sangat dipengaruhi oleh otak. Untuk itu para peneliti ingin mencari tahu hubungan obesitas yang terjadi pada anak dengan fungsi otak.

Akhirnya para peneliti melakukan pengamatan dengan melibatkan 38 anak-anak yang mengalami obesitas dengan rentan usia 8-13 tahun. Mereka diamati mulai dari berat badan, bagaimana pola makan dan hasil scan otak untuk dilakukan analisa lebih lanjut.
Ada tiga bagian otak yang menjadi pusat pengamatan para peneliti. Bagian yang pertama adalah lobus parietal yang berhubungan dengan fungsi menghambat atau menekan keinginan yang wajar seperti ingin makan. Bagian yang kedua adalah lobus frontal yang erat kaitannya dengan sikap impulsif, sedangkan nucleus accumbens berfungsi dalam imbalan.

Hasil dari penelitian tersebut menemukan bahwa anak yang mempunyai kebiasaan makan dalam jumlah yang banyak ternyata bagian lobus frontal yang berfungsi sebagai impulsif lebih dominan dibandingkan dengan bagian lobus parietal yang mempunyai peranan menghambat keinginan makan. Sebaliknya untuk anak-anak yang malas makan, memiliki lobus parietal yang lebih kuat dibandingkan dengan lobus frontal.

Untuk itu saat anak suka dengan perilaku menghayal, biasanya akan lupa mengingat hal-hal yang sudah dilakukan termasuk makan. Mereka kesulitan mengingat apakah dia sudah makan atau belum. Akibatnya anak akan lebih terdorong makan lebih banyak dan meningkatkan resiko obesitas.


Artikel Terkait : Bahaya Anak Yang Sering Duduk Membentuk Huruf 'W'
bahaya anak yang sering berkhayal, Dampak Negatif Anak Sering Berkhayal Bisa Memicu Obesitas, pengaruh sering berkhayal pada anak

Posting Komentar untuk "Dampak Negatif Anak Sering Berkhayal Bisa Memicu Obesitas"

banner 800x90