Januari 21, 2021

Dampak Negatif Anak Yang Sering Ngedot Sebelum Tidur




Hikmahdanhikmah.com – Sering kita melihat seorang anak yang ngedot sebelum dia tidur. Memang terlihat sangat lucu sekali melihat anak kecil memegang dot sendiri sambil tiduran. Namun banyak orang tua yang tidak mengetahui dampak negatif jika anak sering ngedot sebelum tidur. Dampaknya adalah akan menyebabkan masalah pada gigi yaitu menjadi berlubang dan ranpan karies pada gigi.

Bahkan menurut salah seorang spesialis dokter gigi yang bernama Rudy Kurniawan mengatakan bahwa rampan karies bisa menyebabkan infeksi dan merusak struktur gigi.
Pada kondisi ini bisa menyebabkan gigi anak menjadi berlubang semuanya dan membuat tampilan gigi menjadi sangat buruk dan bisa mengurangi kepercayaan diri anak jika sudah besar.
Saat anak kita mengalami gigi berlubang, maka asupan makanan akan terganggu karena anak akan merasa nyeri dan susah untuk makan. Disamping itu karies gigi juga sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak.

Saat anak kita tertidur dalam kondisi ngedot, maka akan menghambat kelenjar liur untuk membersihkan gigi pada malam hari. Terhambatnya kelenjar liur inilah yang menyebabkan gigi anak kita menjadi banyak yang berlubang.

Bukan hanya kebiasaan ngedot saja yang bisa membuat gigi anak berlubang, tetapi kebiasaan makan permen dan cokelat juga memicu gigi menjadi berlubang.
Kita tahu bahwa semua anak hampir menyukai susu, makanan yang manis dan cokelat, namun sebagai orang tua harus bisa membatasi keinginan anak untuk konsumsi makanan tersebut dan membersihkan gigi dan mulut anak dengan mengajarkan sikat gigi yang benar.

Hal pertama yang harus dilakukan oleh orang tua adalah mampu merubah kebisaan buruk anak yaitu ngedot sebelum tidur. Selain itu mengajarkan anak untuk rajin menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi.


Artikel Terkait : Tips Menghentikan Kebiasaan Mengisap Jempol Pada Anak
bahaya anak yang ngedot sebelum tidur, bahayakah anak yang mempunyai kebiasaan ngedot sebelum tidur, Dampak Negatif Anak Yang Sering Ngedot Sebelum Tidur

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar