Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Diturunkannya Al-Qur'anul karim pada Bulan Ramadhan

Hikmahdanhikmah.com - DITURUNKANNYA AL-QURANUL KARIM PADA BULAN RAMADAN: Dalam surat Al-Baqarah ayat 185, Allah SWT berfirman (yang artinya), “Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, hendaklah ia berpuasa pada bulan itu…”



Meskipun Al-Quranul Karim diturunkan secara berangsur-angsur selama dua puluh tiga tahun, dalam ayat ini penjelasan diturunkannya Al-Quran pada bulan Ramadan adalah hal yang perlu diperhatikan. Dalam hal ini terdapat tiga makna:

Pertama, menurut riwayat kebanyakan ahli tafsir, Al-Quranul Karim diturunkan sekaligus ke Baitul Makmur yang ada di langit dunia pada satu malam mulia di bulan Ramadan, yaitu malam Lailatul Qadar. Setelah itu, Al-Quran diturunkan ke muka bumi secara berangsur-angsur selama dua puluh tiga tahun.

Kedua, Al-Quranul Karim mulai diturunkan dari langit dunia kepada Rasulullah SAW pada bulan ini.

Turunnya ayat pertama surat Al-Alaq yang artinya, “Bacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu yang menciptakan” di gua Hira itu terjadi pada malam Lailatul Qadar di bulan Ramadan. Gua hira, panasnya bulan Ramadan, dan kesulitan malam telah menjadi permulaan munculnya inkisyaf Ilahi (peningkatan maknawi) yang sangat besar. Sejak saat itu juga, kebesaran dan kemuliaan Rasulullah SAW telah disampaikan dan diumumkan pada seluruh alam dengan ayat-ayat yang jelas dan mukjizat-mukjizat yang nyata. 

Dalam hal ini, terdapat berita gembira yang besar di dalam makna surat Al-Baqarah ayat 153 yang berbunyi, “Wahai orang-orang yang beriman, mohonlah pertolongan (kepada Allah SWT) dengan sabar dan shalat. Sesungguhnya Allah SWT bersama orang-orang yang sabar.” 

Demikianlah, begitu banyak malam yang sulit yang menyebabkan menetesnya air mata darah di hadapan Ilahi menjadi permulaan kebahagiaan.

Ketiga, bulan Ramadan adalah bulan diturunkannya Al-Quranul Karim. Dalam Al-Quranul Karim, sungguh tidak ada satu bulan pun selain bulan mulia ini yang namanya disebutkan dengan jelas sebagai pujian Ilahi.


Demikianlah, bulan Ramadan adalah bulan yang begitu mulia. Oleh sebab itu, ibadah puasa difardukan pada bulan ini.

Sumber artikel;Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Diturunkannya Al-Qur'anul karim pada Bulan Ramadhan"

banner 800x90