Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Mengamalkan Sunah dalam Agama kita

Hikmahdanhikmah.com - PENTINGNYA SUNAH DALAM AGAMA KITA: Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh, ketika salah seorang di antara kalian sedang duduk bersandar di kursinya, lalu mendengar hal-hal yang telah aku perintahkan atau telah aku larang, jangan sampai aku mendengar bahwa ia berkata, “Aku tidak tahu, kami tidak pernah menemukan hal seperti ini dalam kitabullah yang kami ikuti.” (Sunan Abu Daud)



Ketika salah seorang Ashabul Kiram, Imran bin Husein RA, membahas syafaat, salah seorang yang berada di sampingnya berkata, “Wahai Imran, Anda mengatakan hal-hal demikian, tetapi kami tidak bisa menemukan dalil mengenai hal itu dalam Al-Quranul Karim.” Ketika mendengar hal ini, Imran RA menjadi sangat marah dan bertanya kepada orang itu, “Apakah kau membaca Al-Quranul Karim?” Ketika orang itu berkata, “Iya, aku membacanya”, beliau pun bertanya, “Dalam Al-Quranul Karim, apakah kau dapat menemukan (penjelasan bahwa) shalat Isya’ itu empat rakaat, shalat Magrib itu tiga rakaat, shalat Subuh itu dua rakaat, shalat Zuhur itu empat rakaat, dan shalat Asar itu empat rakaat?” 

orang tersebut berkata, “Tidak, aku tidak bisa menemukannya.” Imran RA pun berkata, “Jika demikian, dari siapa kalian mengetahui semua ini? Bukankah kalian mengetahui semua ini dari kami? Bukankah kami juga mempelajari semua ini dari Rasulullah SAW?

Selain itu, apakah dalam Al-Quranul Karim kalian dapat menemukan kapan dan berapa zakat yang mesti dikeluarkan dari domba, sapi, dan dirham?” Orang itu pun kembali berkata, “Tidak, kami tidak dapat menemukannya.” Atas hal ini, Imran RA berkata, “Jika demikian, dari siapa kalian mempelajari semua ini? Bukankah kalian mempelajarinya dari kami? Bukankah kami pun mempelajarinya dari Rasulullah SAW?

Apakah kalian mengetahui surat Al-Hajj ayat 29 dalam Al-Quran yang artinya, ‘...dan hendaklah mereka melakukan tawaf sekeliling rumah yang tua itu (Baitullah).’ Baiklah, apakah kalian menemukan hukum-hukum seperti lakukanlah tawaf sebanyak tujuh kali dan laksanakanlah shalat sunah dua rakaat di belakang Maqam Ibrahim dalam Al-Quranul Karim? Apakah kalian juga tidak pernah mendengar firman Allah SWT dalam kitab-Nya (yang artinya), “Apa yang diberikan Rasul kepadamu, terimalah. Begitu pula apa yang dilarangnya bagimu, tinggalkanlah.” (QS Al-Hasyr: 7)

Dari Rasulullah SAW, kami telah mempelajari banyak ilmu yang tidak kalian ketahui.”

Sumber artikel; Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Pentingnya Mengamalkan Sunah dalam Agama kita"

banner 800x90