Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tegakan Agama dan Janganlah kamu berpecah belah di dalamnya

Hikmahdanhikmah.com - Allah SWT berfirman, “Tegakkanlah agama dan janganlah kamu berpecah belah di dalamnya.” (QS Asy-Syura: 13). Ayat tersebut merupakan sebuah wasiat umum dari Allah SWT kepada hamba-hamba- Nya.


Dalam tafsir ayat ini, Muhyiddin ibnu Arabi KS berkata, “Allah SWT telah memerintahkan kita untuk menegakkan agama, yakni memelihara dan menjalankan perintah-perintah-Nya, dan sepanjang sejarah, hal ini adalah sebuah perintah yang diberikan kepada seluruh umat. 

Selain itu, Allah SWT juga memerintahkan kita untuk bersatu dalam agama yang benar dan tidak jatuh ke dalam perbedaan secara akidah. Sebab, pertolongan Allah SWT itu bersama jemaah. Dalam sebuah hadis diberitahukan bahwasanya seseorang yang meninggalkan kelompok agama Islam akan celaka sebagaimana seekor domba yang berpisah dari kawanannya.

Baca juga : Inilah keluhuran Agama Islam

Ketika akan meninggal, seorang ahli hikmah berwasiat kepada anak-anaknya dengan berkata, “Bawakanlah sedikit lidi.” Lalu, beliau menyatukan lidi-lidi yang dibawakan dan berkata kepada anak-anaknya, “Ayo, patahkanlah lidi-lidi ini!” Maka, mereka pun berusaha mematahkan lidi-lidi tersebut, tetapi tidak mampu. Atas hal ini, beliau memberikan mereka lidi satu-satu seraya meminta mereka untuk mematahkannya, mereka pun berhasil mematahkan semua lidi tersebut. 

Kemudian, beliau berkata kepada anak-anaknya, “Setelah aku meninggal, apabila kalian bersatu dan selalu bersama seperti ini, kalian tidak akan pernah kalah. Akan tetapi, apabila kalian berpecah belah, musuh-musuh kalian akan mengalahkan kalian.”

Selama orang-orang yang berkhidmah kepada agama berkumpul dalam menegakkan agama dan tidak bercerai-berai, tidak akan ada satu musuh pun yang mampu membahayakan mereka.

Begitu pula dengan anak Adam ketika menunaikan perintah-perintah agama. Apabila ia melakukannya dengan baik dan bersama-sama, baik secara lahir maupun batin, karena kebahagiaan keimanan dan persahabatan malaikat yang ada pada dirinya, tidak akan ada setan dari bangsa jin ataupun bangsa manusia yang mampu mengalahkannya dengan bisikan-bisikan yang diberikannya.

Bait:

Dermiş hakîm: Bilmediğim nesne kalmadı

Dünyâyı bildi kendini bîçâre bilmedi

Rûhî (Osman Rûhî-i Bağdâdî)

Hakim berkata, “Tidak ada sesuatu yang tidak kuketahui.”

Dia mengetahui dunia, tetapi dirinya tidak ia ketahui.

Sumber artikel: Fazilet takvimi

Baca juga : Pesan hikmah tentang agama

Posting Komentar untuk "Tegakan Agama dan Janganlah kamu berpecah belah di dalamnya"

banner 800x90