Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seruan Rosulullah kepada kaum Quraisy di bukit Shafa

Sumber gambar : haji.okezonellla.com


Hikmahdanhikmah.com - Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas (R.Anhuma) sebagai berikut.Allah SWT berfirman, “(Wahai Muhammad,) berilah peringatan (dengan azab Allah) kepada kerabat-kerabatmu yang terdekat.” (QS Asy-Syu’ara: 214). 

Setelah ayat Al-Quran tersebut turun, suatu hari Rasulullah SAW keluar dari rumahnya. Beliau pergi ke bukit Shafa dan tiba di samping batu-batu besar yang saling bertumpuk, lalu naik ke atas batu yang paling tinggi. 

Kemudian, Rasulullah SAW menyeru dengan suara keras, “Wahai kaum Quraisy, datang dan berkumpullah di sini! Kalian berhadapan dengan sebuah perkara yang besar.” Beliau mulai menyeru kabilah-kabilah kaum Quraisy dengan berkata, “Wahai kabilah Fihr, wahai kabilah Adiy (wahai Bani Abdulmanaf, wahai Bani Abdul Muthalib)!”

Orang-orang yang mendengar seruan Rasulullah SAW itu saling melihat satu sama lain dan berkata, “Siapakah yang menyeru?” Mereka pun menjawab, “Dia adalah Muhammad.” Setelah itu, mereka bersama Abu Lahab mendatangi Rasulullah SAW dan berkumpul di sekeliling beliau. Orang-orang yang tidak dapat datang pun mengutus orang lain untuk mengetahui maksud ajakan tersebut. Kemudian, Rasulullah SAW berpidato kepada semua orang yang berada di sana,

“Wahai kaum Quraisy, selamatkanlah diri kalian dari azab Allah SWT dengan membeli diri kalian dari-Nya (dengan cara beribadah dan menghamba kepada-Nya). Sebab, aku tidak diberi wewenang dan kekuasaan oleh Allah SWT untuk menyelamatkan kalian dari azab-Nya.”

Setelah berpidato secara umum, Rasulullah SAW memberi peringatan kepada kabilah-kabilah Quraisy secara khusus seraya menyebut nama mereka yang dikenal dengan peringatan yang sama. Kemudian, beliau bertanya,

“Wahai kaum Quraisy, jika aku mengatakan kepada kalian bahwa ada pasukan musuh di kaki gunung itu atau di lembah itu dan mereka akan menyerang kalian, apakah kalian akan memercayaiku?”

“Iya, kami memercayaimu karena dalam semua pengalaman kami, kami mengenalmu sebagai orang yang setia dan selalu berkata benar. Kami tidak pernah melihat kebohonganmu,” kata mereka.

Beliau bersabda, “Baiklah, aku ditugaskan untuk memberi tahu kalian bahwasanya hari siksaan yang hebat akan datang serta orang-orang yang berdosa akan mendapatkan siksaan dan aku ditugaskan untuk mencegah kalian dari siksaan itu.”

Setelah itu, Rasulullah SAW melanjutkan, “Wahai kaum Quraisy, perumpamaan aku terhadap kalian adalah bagaikan orang yang melihat musuh lalu memberi tahu keluarganya sambil berlari untuk menyelamatkan mereka dari serangannya. Karena takut musuh akan datang lebih dahulu ke keluarganya dan mencelakakan mereka, ia pun berteriak, “Ada serangan musuh!” -Bersambung-

Sumber artikel : Fazilet takvimi


Posting Komentar untuk "Seruan Rosulullah kepada kaum Quraisy di bukit Shafa"

banner 800x90