Januari 21, 2022

Beberapa istilah Agama Taklif dan mukalaf



Hikmahdanhikmah.com - Menurut bahasa, taklif artinya memerintahkan atau menyerahkan sesuatu (beban) yang berat dan sulit kepada seseorang.

Taklif dalam agama Islam berarti perintah agama Islam kepada orang-orang yang telah memiliki kemampuan dan kewajiban untuk melakukan hal-hal yang diperintahkan dan meninggalkan hal-hal yang dilarang agama. Setiap orang yang diberikan kewajiban oleh agama untuk menjalankan perintah tersebut disebut mukalaf.

Setiap orang diberikan tanggung jawab sesuai dengan kemampuan dan kapasitas mereka. Karena kapasitas orang yang berakal dan sudah balig telah sempurna, kewajibannya pun sempurna. Maka, seseorang yang tidak berakal tidak diwajibkan untuk beribadah dan taat.

Af’ālul mukallafīn adalah pekerjaan-pekerjaan yang wajib dilakukan oleh setiap mukalaf. Af’ālul mukallafīn ini terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu fardu, sunah, mustahab, mubah, makruh, dan haram.

Kewajiban pertama atas mukalaf adalah beriman dan taat kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Lalu, setelah mempelajari mazhab dan akidah Ahlussunah wal Jamaah dari ahlinya serta meyakininya, seorang mukalaf, baik laki-laki maupun perempuan, harus melaksanakan ibadah-ibadah yang diperintahkan, menghindari akhlak dan perbuatan buruk, menjadi ahli ilmu hingga memiliki akhlak terpuji.

TIPS MEMASAK SAYURAN


Merendam sayuran dalam air dalam waktu yang lama dapat menyebabkan beberapa vitamin yang mudah larut masuk ke dalam air. Oleh karena itu, sayuran harus dicuci dengan air mengalir.

Makin banyak air ditambahkan ke dalam hidangan sayuran, makin besar pula jumlah vitamin yang berkurang dari sayuran tersebut. Oleh sebab itu, sebaiknya sayuran dimasak dengan sedikit air atau tanpa air. Sisa air rebusan sayuran juga bisa ditambahkan ke sup, makanan, dan saus.

Cara yang terbaik adalah memasak sayuran sesingkat mungkin dan menjaganya agar tetap segar. Karena beberapa vitamin, seperti vitamin B dan C, mudah hilang dengan suhu panas. Panci harus tetap tertutup meskipun perlu dimasak dalam waktu lama. Dengan demikian, uap tidak akan keluar dari panci dan waktu memasak menjadi lebih singkat.

Sumber artikel: Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar