Maret 20, 2022

Hikmah yang Terdapat Pada Lebah



Hikmahdanhikmah.com
- Allah SWT berfirman, “Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah (yang lemah), “Buatlah sarang-sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibuat oleh manusia.” (QS An-Nahl: 68)Meskipun lebah adalah hewan yang sangat lemah dan kecil, Allah SWT telah memberinya kekuatan untuk melakukan hal-hal yang tidak dapat dipahami manusia. Untuk membuat madu, lebah-lebah membuat sel-sel kecil di dalam sarang-sarang. Sel-sel kecil di sarang lebah ini teratur dengan sempurna dan berbentuk prisma segienam. Masing-masing sel-sel ini memiliki ukuran yang sama.

Dengan ilham dari Allah SWT, lebah-lebah memilih yang paling kuat dan paling besar di antara mereka sebagai pemimpin atas mereka sendiri. Pemimpin lebah ini disebut ‘Ratu Lebah.’ Seluruh lebah yang ada di dalam sarang akan menaatinya.

Selain itu, dengan ilham dari Allah SWT, lebah-lebah meninggalkan sarang mereka, pergi ke padang rumput yang sangat jauh, lalu kembali ke sarang yang sama tanpa kebingungan dan tanpa tersesat.

Lebah-lebah memakan bagian daun dan bunga yang manis, lembut, dan lezat. Mereka juga mengambil bagian yang manis dan wangi dari buah-buahan. Mereka menumpuk itu semua di perut mereka dan tercampur aduk satu sama lain, lalu berubah menjadi madu dengan izin Allah SWT. Kemudian, mereka pergi ke sarangnya, mengeluarkan madu tersebut dari perutnya dan menyimpannya di sarangnya. Oleh sebab itu, rasa dan aroma bunga dan buah yang diambil lebah dapat dirasakan dalam madu yang dimakan.

Rasulullah SAW bersabda, “Seorang mukmin (yang sempurna) sama seperti lebah madu. Lebah madu hanya memakan sesuatu yang bersih dan hanya memberikan yang bersih (madu).” Para ulama menjelaskan kemiripan tersebut sebagai berikut, “Lebah-lebah sangat mahir dan cerdas. Selain sedikit gangguan yang mereka berikan kepada manusia, manfaat yang mereka berikan sangat banyak. Mereka tidak akan pernah hinggap di tempat yang kotor, dan mereka memakan sari yang terbaik dari segala sesuatu. 

Mereka sangat taat kepada pemimpin mereka. Hal-hal seperti cuaca yang gelap, mendung, dan berangin, asap, air, dan api dapat menghalangi mereka untuk membuat madu. Demikian pula, kegelapan kelalaian, awan-awan keraguan, angin-angin fitnah, asap keharaman, air kebodohan, dan api kejahatan pun dapat menghalangi manusia dari menghambakan dirinya kepada Allah SWT.”

Salah seorang ulama memberikan nasihat kepada murid-muridnya, “Jadilah seperti lebah di rumah kalian.” Mereka bertanya, “Seperti apakah lebah-lebah ketika di rumahnya?” Ulama tersebut berkata, “Lebah-lebah tidak akan membiarkan sampah berada di rumah mereka. Mereka akan langsung menjauhkannya. Selain itu, lebah-lebah sangat bersemangat dan rajin. Mereka tidak pernah malas.”

Sumber artikel:Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar