Mei 15, 2022

Perkataan Ulama-ulama Besar Tentang Imam Azham RH


Hikmahdanhikmah.com - Imam Rabbani KS berkata, “Imam Abu Hanifah RH adalah pendiri ilmu fikih. Tiga perempat ilmu fikih telah diserahkan kepadanya, seluruh mujtahid lainnya berbagi seperempat sisanya dengan Imam A’zham RH. Dalam ilmu fikih, Imam A’zham RH adalah tuan rumah dan kepala keluarga, sedangkan yang lainnya bagaikan anak-anaknya.”

Ketika ditanyakan kepada Imam Malik RH, “Apakah engkau pernah melihat Abu Hanifah?”, beliau menjawab sebagai berikut, “Iya, beliau adalah orang yang seandainya dia mengatakan kepadamu bahwa tiang itu (yang terbuat dari batu bata) adalah emas, tentunya dia akan membuktikannya dengan memberikan dalil-dalilnya.”

Imam Syafii RH berkata,

“Dalam ilmu fikih, semua orang bagaikan anak-anak Abu Hanifah RH.”

“Aku memohon keberkahan dengan Abu Hanifah RH. Ketika aku mendapatkan kesulitan, aku akan melaksanakan shalat dua rakaat (untuk aku hadiahkan pahalanya kepada beliau). Lalu, aku akan menziarahi makamnya dan di sana aku akan meminta kebutuhanku kepada Allah SWT, dan apa yang aku inginkan segera diberikan.”

Ulama hadis, yaitu Khuraibi RH berkata, “Umat muslim wajib mendoakan Imam Abu Hanifah RH setiap selesai melaksanakan shalat.”

Suatu hari, orang-orang membicarakan Imam A’zham RH di sisi Daud At-Tha’i RH. Daud At-Tha’i berkata sebagai berikut, “Abu Hanifah bagaikan bintang yang bermanfaat untuk menemukan jalan bagi orang yang tersesat di jalan. Beliau adalah seorang ulama yang cintanya diterima oleh hati semua umat muslim.”

Baca juga : Ilmu dan Ketaqwaan Imam A-zham-Rh.

Suatu hari disampaikan sebuah pertanyaan kepada salah seorang tabiin, Imam A’masy RH. Beliau berkata sebagai berikut, “Menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti ini dengan baik adalah pekerjaan Abu Hanifah Nu’man bin Tsabit. Ketika salah seorang yang berada di sana, Yahya bin Adam, bertanya kepada Imam A’masy, “Bagaimana menurut Anda mengenai orang-orang yang berbicara buruk tentang beliau?” Imam A’masy berkata, “Dalam hal-hal keilmuan, karena Imam A’zham berhasil menemukan segala sesuatu yang mereka pikirkan dan tidak mereka ketahui, mereka mendengkinya.”

Nama-nama: Laki-laki: Hanif, Perempuan: Arifah.

Sumber artikel : Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar