Mei 16, 2022

Istilah-istilah Agama : syariat dan Hukum-hukum syar’i



Hikmahdanhikmah.com - Syariat menurut bahasa berarti jalan yang jelas.Menurut istilah, sebagaimana syariat digunakan dalam arti agama, syariat juga digunakan dalam arti hukum-hukum agama terkait ibadah-ibadah dan muamalah. Hal ini juga disebut syar’i syarif.

Ketika dikatakan hukum-hukum syar’i, akan dipahami tiga bagian hukum, yaitu hukum-hukum akidah, hukum-hukum amal, dan hukum-hukum akhlak.

Misalnya, memercayai keesaan Allah SWT, qadha, dan qadar adalah hukum-hukum akidah. Ilmu yang menjelaskan hal ini adalah ilmu kalam. Hukum-hukum mengenai ibadah-ibadah dan muamalah (seperti jual beli dan pernikahan) adalah sebagian hukum-hukum amal. Ilmu yang membahas hal ini adalah ilmu fikih. Hukum-hukum terkait meninggalkan akhlak buruk lalu memperindah akhlak, menghiasi diri dengan adab yang baik, dan memperoleh tingkatan-tingkatan maknawiah adalah hukum-hukum akhlak. Ilmu yang membahas hal ini adalah ilmu tasawuf.

ANGIN MUSON BARAT DAN MUSON TIMUR


Muson merupakan angin musiman yang bersifat periodik dan biasanya terjadi terutama di Samudera Hindia dan sebelah selatan Asia. Munculnya angin muson biasanya ditandai dengan curah hujan yang tinggi. Angin muson mirip dengan angin laut, tetapi ukurannya lebih besar, lebih kuat, dan lebih konstan.

Muson terjadi karena daratan menghangat dan menyejuk lebih cepat daripada air. Hal ini menyebabkan suhu di darat lebih panas daripada di laut pada musim panas. Udara panas di darat biasanya berkembang naik, menciptakan daerah bertekanan rendah. Ini menciptakan sebuah angin yang sangat konstan yang bertiup ke arah daratan. 

Muson barat atau muson musim dingin timur laut adalah angin yang bertiup pada bulan Oktober-April di Indonesia. Angin ini bertiup saat matahari berada di belahan bumi selatan, yang menyebabkan benua Australia sedang mengalami musim panas, berakibat pada tekanan minimum dan benua Asia lebih dingin, berakibat memiliki tekanan maksimum dan bersifat basah sehingga membawa musim hujan/penghujan. Bertiupnya angin ini disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara di belahan bumi utara dan selatan.

Muson timur atau muson musim panas barat daya adalah angin yang bertiup pada bulan April-Oktober di Indonesia. Angin ini bertiup saat matahari berada di belahan bumi utara sehingga menyebabkan benua Australia mengalami musim dingin dan memiliki tekanan maksimum serta Benua Asia lebih panas, dan memiliki tekanan minimum. Angin ini bersifat kering yang mengakibatkan wilayah Indonesia mengalami musim kering/kemarau.

Bertiupnya angin ini disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara di belahan bumi selatan dan utara. Pada saat itu di belahan bumi selatan sedang musim dingin, sehingga menyebabkan tekanan di selatan lebih tinggi daripada utara.

Sumber artikel : Fazilet takvimi

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar