> Perbedaan Antara Otak Kanan dan Kiri - BAYAR ZAKAT ONLINE

Agustus 22, 2022

Perbedaan Antara Otak Kanan dan Kiri



Hikmahdanhikmah.com – Sebelumnya kita pastinya sering mendengar tentang otak kanan dan otak kiri yang dihubungkan dengan perilaku seseorang. Antara otak kanan dan otak kiri memiliki beberapa perbedaan.

Banyak para ahli yang menyatakan bahwa otak kanan manusia sangat identik dengan kemampuan kognitif atau dominan seperti dalam hal berhitung, matematika dll. Sedangkan untuk otak kiri identik dengan kemampuan kreativitas seseorang.

Banyak orang yang beranggapan bahwa otak kita memiliki dua belahan yang berbeda yaitu kanan dan kiri. Begitu juga dengan fungsinya juga memiliki beberapa perbedaan.

Menurut salah seorang ahli otak manusia yang bernama Roger Sperry mengatakan bahwa sebenarnya meskipun otak manusia terdiri dari belahan kanan dan kiri, namun keduanya bekerja saling berpadu. Salah satu contohnya adalah saat ada rangsangan sensori, maka bagian otak yang bekerja adalah corpus callosum dan menghubungkan keduanya.

Baca juga : sering kali lupa disebabkan oleh 3 hal berikut.

Selain itu otak kanan manusia lebih mempunyai kendali dalam mengorganisir pergerakan bagian kiri tubuh kita. Misalnya saat kita menggerakkan tangan, kaki atau mata kanan, maka yang berperan adalah otak kiri. Sebaliknya saat kita menggerakkan tangan kiri, tangan kiri dan mata kiri, maka yang berperan adalah otak bagian kanan.

Hal ini menunjukkan kalau bagian otak kanan dan kiri saling berhubungan. Kalau satu bagian mengalami kerusakan, maka akan berpengaruh pada banyak bagian tubuh yang berada sebaliknya.
Fungsi otak kiri manusia secara umum adalah berperan dalam hal fungsi bahasa, logika, kemampuan berhitung dan matematika, tempat memori, dan merespon apa yang kita dengar. Saat kita berusaha untuk mengingat hal-hal lampau, maka yang berperan adalah otak kiri kita.

Sedangkan untuk bagian otak kanan, lebih identik dengan kemampuan spasial, kemampuan untuk mengingat wajah seseorang, mengenali musik yang didengar. Meskipun demikian, otak kanan juga memiliki peranan dalam matematika, namun hanya sebatas pada melakukan analisa perbandingan dan estimasi.

Selain itu otak kanan manusia juga dikaitkan dengan kemampuan mempersepsikan apa yang kita lihat, mengartikan bahasa, menilai suara yang kita dengar. itulah beberapa perbedaan antara otak kanan dan otak kiri.

Baca juga ; manfaat tidur siang bagi ketajaman otak.

Artikel Terkait :
apa bedanya antara otak kanan dan otak kiri, fungsi otak kanan dan otak kiri manusia, Perbedaan Antara Otak Kanan dan Kiri, perbedaan fungsi antara otak kanan dan otak kiri

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar