September 14, 2022

Bagaimana cara Agar Rasa mahabah antar saudara seagama akan meningkat ?



Hikmahdanhikmah.com - Rasa mahabah antar saudara seagama akan meningkat ketika seseorang ikhlas, tulus, dan setia kepada saudaranya. Kesetiaan dapat terwujud dengan ketulusan di antara saudara. Kesetiaan dalam persahabatan ini adalah tingkat tertinggi dari kasih sayang dan ketulusan. Rasulullah Shallallāhu ‘alaihi wa sallam menjalin persaudaraan di antara para sahabatnya untuk meningkatkan persahabatan (keakraban dan kasih sayang) di antara mereka dan memperkuat hubungan tolong menolong di antara mereka, beliau juga berkata,

“Aku menyarankan kalian agar memiliki saudara yang sejati dan tulus. Sebab, mereka (saudara-saudaramu) adalah perhiasan ketika kalian makmur, dan penyelamat ketika kalian kesulitan.”

“Seseorang akan menjadi kuat dengan saudara seagamanya. Tidak ada kebaikan dalam persahabatan seseorang yang tidak menginginkan untukmu apa yang dia inginkan untuk dirinya sendiri.”

Baca juga ; Persahabatan dan persaudaraan.

Sayidina Umar bin Khattab Radhiyallāhu ‘anhu berkata sebagai berikut, “Berada di antara saudara-saudara (berbincang dan bermahabbah dengan mereka) akan menghilangkan kesedihan.”

Khalid bin Safwan berkata, “Sesungguhnya orang yang paling lemah adalah orang yang memiliki kekurangan dalam bersaudara. Orang yang lebih lemah darinya adalah orang yang kehilangan persahabatan dengan sesama mukmin yang akan membantunya.”

Ibnu Mu’tadz berkata, “Orang-orang yang menemukan saudara (seagama) yang hakiki, saudara-saudaranya itu akan membantu dirinya (dalam semua urusannya di dunia dan akhirat).” Sebagian ulama berkata sebagai berikut, “Persiapan yang paling berguna untuk masa-masa sulit adalah mendapatkan saudara-saudara seagama yang setia.”

Baca juga ; Keutamaan mencari kehidupan akhirat.

Sumber artikel;Fazilet takvimi


Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim dan dhuafa

Saya seorang blogger Online sejak 2011 Saat ini Memiliki kesibukan di bisnis online dan offline ,adapun Hikmahdanhikma.com ini adalah Sarana Support untuk website resmi yayasan yakni www.yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 5918
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar