> Apakah Benar Mengkonsumsi Micin Bisa Membuat Kita Bodoh ? - BAYAR ZAKAT ONLINE

Juli 21, 2019

Apakah Benar Mengkonsumsi Micin Bisa Membuat Kita Bodoh ?


Apakah Benar Mengkonsumsi Micin Bisa Membuat Kita Bodoh ?

sumber gambar : https://www.hipwee.com

Hikmahdanhikmah.com - Monosodium glutamat (MSG) adalah sebutan bagi orang awam tentang micin. Selama ini micin memang dikenal sebagai zat yang bisa membuat sebuah makanan menjadi lebih nikmat. Bahkan banyak orang yang punya anggapan miring tentang micin yaitu bisa menyebabkan seseorang menjadi bodoh, benarkah demikian ?

Ternyata anggapan micin bisa menyebabkan kita bodoh tidak sepenuhnya benar. Memang dalam sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa MSG jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak bisa menyebabkan kerusakan pada otak. Namun sayangnya penelitian tersebut dilakukan pada tikus dan bukan manusia yang banyak kalangan menganggap mempunyai banyak perbedaan dalam hal tingkat kecerdasan. Bukan hanya itu saja, dalam studi tersebut juga micin diberikan secara suntik dan bukan dikonsumsi sedikit demi sedikit seperti dalam sebuah makanan yang dikonsumsi manusia.

Para pakar kesehatan akhirnya menyimpulkan bahwa belum ada bukti secara ilmiah yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung micin bisa membuat seseorang bodoh terutama pada anak-anak. Namun tak dipungkiri bahwa ada beberapa orang yang sangat sensitif dengan MSG sehingga bisa memicu reaksi seperti gatal, kepala pusing, muncul keringat dingin dan mual.

Meskipun demikian bukan berarti mengkonsumsi MSG dalam jumlah banyak tidak akan berdampak negatif bagi kesehatan. Bagaimanapun MSG adalah penyedap makanan yang tak alami yang jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama dan banyak akan menyebabkan masalah bagi kesehatan. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menggunakan micin atau MSG dalam jumlah yang wajar agar tak menyebabkan efek samping bagi kesehatan. Lebih baik lagi adalah tetap memilih bahan yang alami dalam hal penyedap makanan.

Artikel Terkait : Mengenal Lebih Jauh Tentang Pusing dan Vertigo 

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar