> Benarkah Hobi Selfie Merupakan Penyakit Mental ? - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 18, 2019

Benarkah Hobi Selfie Merupakan Penyakit Mental ?


Benarkah Hobi Selfie Merupakan Penyakit Mental ?

sumber gambar : detik.com


Hikmahdanhikmah.com – Hidup di jaman serba gadget seperti sekarang ini tak asing dengan yang namanya selfie. Kecanggihan teknologi pada smart phone membuat orang mudah mengabadikan sesuatu seperti selfie. Namun kalau kita amati sekarang ini banyak orang yang termasuk kecanduan selfie. Apakah hal ini baik bagi kesehatan mental ?

Ternyata menurut sebuah hasil penelitian yang publikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama International Journal of Mental Health and Addiction menyebutkan bahwa orang yang kecanduan selfie termasuk dalam kategori orang yang mengalami gangguan mental.

Penelitian tentang ini dilakukan oleh salah seorang pakar kesehatan yang bernama Janarthanan Balakrishnan yang berasal dari Thiagarajar School of Management yang ada di Indonesia. Penelitian ini melibatkan 600 dari kalangan mahasiswa dengan rata-rata usia 20 tahun. Para peneliti berusaha mencari tahu seberapa banyak yang tergolong selfitis akut, sedang dan kronis.

Dari hasil penelitian menyebutkan bahwa sebanyak 34% termasuk selfitis sedang, untuk yang akut sebanyak 25 % dan sebanyak 50% tergolong selfitis kronis. Ternyata yang paling banyak melakukan selfie adalah kalangan pria sebanyak 57,5% dan wanita sebanyak 42,5%.

Para peneliti menyebutkan bahwa penyebab kebanyakan orang melakuka selfie adalah disebabkan karena rasa percaya diri yang kurang dan mereka berusaha untuk membaur dengan msayarakat.

Menurut para pakar, orang yang dikatakan selfitis adalah mereka yang bisa setiap hari melakukan selfie sebanyak 1-4 kali. Untuk ketegori selfie yang kronis adalah mereka yang bisa sampai 8 kali melakukan selfie. Yang lebih parah lagi adalah mereka juga melakukan post di media sosial.

Artikel Terkait : Dampak Psikologis Akibat Kecanduan Media Sosial

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar