> Dampak Negatif Orangtua Sering Depresi Bisa Mempengaruhi Prestasi Anak di Sekolah - BAYAR ZAKAT ONLINE

Oktober 15, 2019

Dampak Negatif Orangtua Sering Depresi Bisa Mempengaruhi Prestasi Anak di Sekolah


Hikmahdanhikmah.com – Pernahkah kita berfikir kalau menurunnya prestasi akademik anak bisa disebabkan oleh orang tua yang sering depresi. Depresi memang memiliki dampak negatif yang cukup luas disamping bagi kesehatan. Hal ini sesuai hasil penelitian yang dirilis oleh JAMA Psychiatry yang menyatakan bahwa jika orang tua (ibu atau ayah) mengalami depresi maka bisa berdampak negatif bagi prestasi akademik anak di sekolah.

Penelitian ini dilakukan di negara Swedia dengan melibatkan 1,1 juta anak yang mereka amati sampai dengan usia 16 tahun. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa anak yang memiliki orang tua depresi cenderung memiliki prestasi akademik yang lebih buruk dibandingkan dengan anak yang memiliki orang tua tidak depresi atau bahagia.

Penelitian juga menyebutkan bahwa seorang ibu yang mengalami depresi mempunyai pengaruh yang lebih besar kepada prestasi akademik anak dibandingkan dengan seorang ayah yang mengalami depresi. Disamping itu resiko penurunan prestasi belajar lebih besar terjadi pada anak perempuan daripada laki-laki.

Mengapa hal ini bisa terjadi ?. Saat orang tua mengalami depresi maka mereka akan sulit untuk memberikan perhatian terhadap belajar anak, kegiatan sekolah anak dan kegiatan sosial anak. Hal ini disebabkan orang tua hanya sibuk dengan masalah yang membuatnya depresi.

Dengan melihat hasil penelitian ini maka para pakar menyarankan pentingnya untuk mempunyai mental yang sehat. Depresi termasuk dalam gangguan pada mental seseorang. Jika anda ingin mempunyai anak yang mempunyai masa depan yang baik di masa depan, maka sebagai orang tua tidak boleh memiliki sifat depresi. Apabila saat ini anda merasa mengalami depresi, maka sebaiknya anda segera berusaha untuk keluar dari zona depresi yang bisa merusak prestasi akademik anak kita.

Untuk mengatasi depresi secara alami anda bisa melakukan olahraga secara teratur setiap hari. Saat kita berolahraga maka ada peningkatan hormon yang membuat suasana hati kita menjadi lebih bahagia dan tenang. Disamping rajin berolahraga, anda juga bisa mengatasinya dengan lebih mendapatkan siraman rohani agar hati kita lebih damai dan tenang.

Semoga bermanfaat

Artikel Terkait
Dampak Negatif Orangtua Sering Depresi Bisa Mempengaruhi Prestasi Anak di Sekolah, pengaruh orang tua terhadap prestasi anak di sekolah, pentingnya orang tua dalam prestasi belajar anak

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar