Apa Saja Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan ?

sumber gambar : https://www.daunapi.com


Hikmahdanhikmah.com – Apa saja manfaat makanan pedas bagi kesehatan ?. Bagi anda pecinta makanan pedas patut bersyukur ternyata kebiasaan suka mengkonsumsi makanan pedas memiliki manfaat bagi kesehatan. Bukan hanya bisa meningkatkan nafsu makan, tetapi ternyata juga bisa berkhasiat untuk mencegah berbagai jenis penyakit.

Sebenarnya ini bukan hal baru, sejak lama makanan pedas dikenal bisa mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh serta membuat sirkulasi darah semakin lancar. Dengan aliran darah yang lebih lancar, maka akan membuat proses pergantian sel yang rusak dalam tubuh kita berjalan lebih baik serta mampu membuang racun atau toksin.

Meskipun memiliki manfaat kesehatan, mengkonsumsi makanan pedas juga harus dilakukan secara bijaksana. Terlebih bagi anda yang mempunyai sensitifitas lebih terhadap makanan pedas.

Berikut kami lampirkan beberapa manfaat makanan pedas bagi kesehatan berdasarkan hasil penelitian :

1. Menurunkan berat badan
Manfaat pertama makanan pedas bagi kesehatan ialah bisa menurunkan berat badan. Dengan kandungan capsaicin yang tinggi sehingga membuat proses metabolisme dalam tubuh berjalan lebih baik sehingga mampu membakar kalori dengam sempurna. Dengan demikian berarti bisa bermanfaat untuk menjaga berat badan kita.

2. Menyehatkan jantung
Manfaat kedua suka mengkonsumsi makanan pedas adalah bisa menyehatkan jantung. Ternyata kandungan cabai bisa mencegah tejadinya pembekuan darah, inflamasi yang bisa membuat sirkulasi darah menjadi terhambat. Dengan aliran darah baik yang menuju dan keluar dari jantung lebih lancar, maka membuat jantung kita semakin sehat.

3. Melancarkan sirkulasi
Manfaat selanjutnya adalah bisa menjaga sirkulasi darah tetap stabil. Dengan begitu akan mencegah tekanan darah tinggi. Selain itu kandungan vitamin A dan C pada cabai juga mampu membuat dinding pembuluh darah semakin kuat.

4. Antikanker
Berdasarkan sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa kebiasaan suka mengkonsumsi makanan pedas ternyata bisa mencegah penyakit kanker. Hal ini disebabkan karena kandungan capsaicin yang terdapat pada cabai.

5. Meningkatkan fungsi cerna
Saat kita mengkonsumsi makanan pedas, maka kandungan capsaicin ternyata mampu membunuh bakteri H.pylori yang merupakan penyebab seseorang mengalami penyakit maag. Meskipun demikian ada juga orang yang mengalami dada terasa panas (heartburn) pasca mengkonsumsi makanan pedas, bila demikian bisa anda mengkonsumsi antasid untuk menstabilkan asam lambung.

6. Flu
Mengkonsumsi makanan pedas juga bisa membantu mengatasi masalah flu. Saat kita makan makanan yang pedas, maka sering kali disertai dengan keluarnya keringat. Kondisi ini ternyata sangat bagus untuk memperlancar pernapasan, mengurangi gejala flu dan sinusitis.

7. Tidur nyenyak
Tahukah kita bahwa berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan di Australia menyebut bahwa sering makan pedas bisa membuat seseorang lebih mudah tidur. Dengan begitu akan membuat tidur kita semakin berkualitas dan bisa bangun pagi dalam kondisi segar.

8. Menjaga mood
Bagi anda yang sedang bad mood atau stres, cobalah untuk mengkonsumsi makanan pedas. Ternyata hal ini bisa membuat perasaan kita menjadi lebih nyaman.

9. Melancarkan pernapasan
Manfaat terakhir makanan pedas bagi kesehatan adalah sangat baik untuk pernapasan. Bagi anda yang mempunyai riwayat bronkhitis, asma, sering batuk cukup efektif dengan suka mengkonsumsi makanan pedas. Hal ini membuat rasa pedas berfungsi sebagai espektoran.


Artikel Terkait : Tips Alami Membuang Racun Dalam Tubuh
apa manfaat suka makan pedas, Apa Saja Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan, keuntungan suka makan pedas bagi kesehatan. kelebihan makanan pedas menurut kesehatan, khasiat makanan pedas bagi kesehatan, manfaat suka makan pedas bagi kesehatan
Previous
« Prev Post

Related Posts

Apa Saja Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan ?
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami