Benarkah Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Pepaya ?

sumber gambar : http://www.obatasamlambung.jellygamatqncasli.com

Hikmahdanhikmah.com – Benarkah ibu hamil tidak boleh makan pepaya ? Mungkin kita pernah mendengar kalau ibu hamil tidak boleh makan pepaya. Ternyata hal itu adalah benar. Meskipun mempunyai rasa yang enak dan menyegarkan, bagi ibu hamil tidak disarankan terlalu banyak mengkonsumsi pepaya.

Berikut beberapa alasan mengapa ibu hamil tidak disarankan untuk banyak makan pepaya :

Meningkatkan resiko keguguran
Dampak pertama menurut para pakar kesehatan adalah bisa meningkatkan resiko keguguran. Terlebih jika yang dikonsumsi adalah pepaya muda yang bisa memicu kontraksi uterus.

Kurang baik bagi saluran pencernaan
Ternyata terlalu banyak makan buah pepaya juga tak baik bagi kesehatan. Jika kita mengkonsumsinya terlalu banyak, terlebih bagi wanita hamil bisa berdampak buruk bagi saluran pencernaan terutama esofagus. Oleh karena itu para pakar kesehatan membatasi konsumsi pepaya dalam sehari hanya 1 cangkir saja.

Meningkatkan resiko cacat lahir
Bahaya ketiga ibu hamil yang terlalu banyak mengkonsumsi pepaya adalah bisa meningkatkan resiko bayi lahir cacat.

Memicu alergi
Kandungan getah atau lateks yang banyak pada buah pepaya, ternyata bisa memicu terjadinya alergi. Jika hal ini terjadi pada ibu hamil tentunya bisa mengganggu perkembangan janin.

Gangguan kesuburan
Siapa sangka bahwa biji dari buah pepaya berdampak buruk bagi kesehatan seksual pria maupun wanita. Hal ini akan berdampak pada menurunnya kualitas kesuburan seseorang.

Keracunan
Jika anda mengkonsumsi buah pepaya dalam jumlah yang terlalu banyak, maka bisa memicu efek racun dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena buah pepaya mengandung senyawa yang bernama benzyl isothicocyanite.

Menurunkan kadar gula darah
Bagi mereka yang mengalami kenaikan gula darah memang bagus mengkonsumsi buah pepaya karena bisa menurunkan kadar gula darah. Namun bagi anda yang sehat, mengkonsumsi buah pepaya dalam jumlah yang berlebih bisa berdampak pada menurunnya kadar gula secara signifikan.
Sumber : doktersehat.com


Artikel Terkait : Tips Mencegah Agar Anak Tidak Alergi
Previous
« Prev Post

Related Posts

Benarkah Ibu Hamil Tidak Boleh Makan Pepaya ?
4/ 5
Oleh

Diberdayakan oleh Blogger.

Lokasi Yayasan Kami