> Bolehkah Menyusui Meskipun Sedang Sakit ? - BAYAR ZAKAT ONLINE

Maret 12, 2020

Bolehkah Menyusui Meskipun Sedang Sakit ?

sumber gambar : mramagazines.com

Hikmahdanhikmah.com – Bagi seorang wanita yang baru mempunyai anak, tentu pernah khawatir saat sedang menyusui dalam kondisi sakit. Hal ini adalah hal yang wajar. Bahkan masih banyak ibu yang belum mengetahui apakah boleh menyusui saat sedang sakit. Mereka khawatir kalau penyakit yang diderita akan menular ke bayi yang sedang disusui.

Menyikapi hal yang demikian, para pakar kesehatan mengatakan bahwa menyusui saat sang ibu sedang sakit tidak menjadi masalah. Hal ini sudah dibuktikan dengan beberapa hasil penelitian yang menyebutkan bahwa ASI tidak menjadi perantara penularan penyakit kepada seorang bayi. Beberapa kasus yang sering dialami ibu adalah saat sedang flu, demam, batuk atau bahkan saat ibu mengalami penyakit cacar. Yang perlu diperhatikan adalah kondisi payudara yang benar-benar tak ada lesi yang diakibatkan oleh penyakit cacar.

Menurut salah seorang pakar yang bernama dr. Ruth Lawrence dalam sebuah bukunya yang bernama ‘ Breastfeeding A Guide for the Medical Profession’ menyatakan bahwa penularan penyakit oleh ibu kepada bayi melalui ASI sangat kecil. Diketahui bahwa banyak jenis bakteri tertentu yang bisa menyebabkan penyakit tak bisa mengkontaminasi ASI seorang ibu. Meskipun demikian ada juga jenis bakteri tertentu yang bisa, tetapi menurutnya hal ini cenderung sangat langka.

Yang perlu para ibu perhatikan saat sedang sakit dan menyusui adalah obat yang dikonsumsi. Saat sedang sakit dan menyusui, sebaiknya jangan sembarangan mengkonsumsi obat. Yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter untuk pemberian obat yang aman bagi kesehatan ibu dan tentunya tak mempengaruhi kualitas ASI yang bisa mempengaruhi kesehatan bayi.

Berikut beberapa kondisi penyakit yang menurut para pakar sebaiknya tidak melakukan menyusui pada bayi, diantaranya sang ibu sedang terkena penyakit tuberkulosis aktif, terkena penyakit kanker dan sedang menjalani kemoterapi dan sedang mengkonsumsi obat-obatan terlarang. .


Artikel Terkait :
bahaya ibu yang sakit dan menyusui anak, bahaya menyusui saat sedang sakit, Bolehkah Menyusui Meskipun Sedang Sakit, bolehkah menyusui saat sedang sakit, bolehkah tetap menyusui walaupun sedang sakit, efek samping menyusui anak saat ibu sakit, efek samping menyusui saat sedang sakit, menyusui saat sedang sakit

Tags :

Yudi hartoyo

Admin Yayasan yatim,dhuafa

blogger,online sejak 2011 di bisnis online dan offline,adapun Hikmahdanhikmah.com ini untuk Support website resmi ;yayasanpijarmulia.com

  • Yudi hartoyo
  • Yayasan Pijar Mulya Pati d/a Desa Sriwedari Dusun Pagak RT 03 RW 03 (belakang masjid Pagak) kec.jaken Jawa tengah 59184
  • temandalamtaqwa@gmail.com
  • +6285 2680 70123

Posting Komentar