Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apabila seorang muslim memberi salam

Hikmahdanhikmah.com - MEMBERI SALAM: Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya salam adalah salah satu dari nama-nama indah Allah SWT. Dia telah menurunkannya ke muka bumi, maka sebarkanlah salam di antara kalian. Apabila seorang muslim memberi salam ketika melewati sekumpulan orang lalu mereka menjawabnya, orang yang memberi salam tersebut akan memperoleh derajat yang lebih tinggi daripada yang lainnya karena telah mengingatkan salam kepada mereka. Apabila mereka tidak menjawabnya, kelompok yang lebih baik dan lebih bersih daripada kelompok tersebut (para malaikat) akan menjawab salamnya.”


Setiap orang harus menyebarkan salam kepada masyarakat. Sebab, seseorang yang memberi salam kepada saudara seagamanya akan memperoleh pahala seperti memerdekakan seorang budak. Ketika salam selalu diberikan, salam itu akan menghilangkan kebencian dan permusuhan yang tersembunyi di dalam hati, menghapus perpecahan dan permusuhan, serta menambahkan ketulusan dalam persaudaraan.

Terdapat dua kebaikan dalam memberi salam terlebih dahulu. Pertama, Allah SWT akan menganugerahinya satu derajat kebaikan karena ia telah mengingatkan nama mulia-Nya, ‘As-Salam’. Kedua, apabila orang-orang yang diberi salam tidak menjawab salamnya karena kelalaian mereka, para malaikat akan menjawab salamnya.

Salah seorang ulama hadis yang terkenal dari tabiin yang bernama Zubaid Al-Yami RH berkata, “Orang yang paling dermawan adalah orang yang memberikan sebagian hartanya tanpa mengharapkan imbalan. Orang yang terbaik dalam memberi maaf adalah orang yang memaafkan ketika ia mampu melakukan apa yang ia inginkan. 

Adapun orang yang paling unggul adalah orang yang berdamai dan melakukan kebaikan terhadap kerabatnya yang memutuskan hubungan dengan dirinya. Orang yang paling kikir adalah orang yang kikir dalam memberi salam.”

Ammar bin Yasir RA berkata, “Barang siapa dalam dirinya terdapat tiga hal ini, niscaya ia telah meraih kesempurnaan iman.

Tidak pernah melepaskan keinsafan meskipun itu akan merugikan dirinya.

Senantiasa memberi salam kepada semua orang.

Berinfak meskipun dalam keadaan fakir.”

Ketika seorang muslim bertemu dengan saudara muslimnya, setidaknya ia harus memberi salam sambil tersenyum. Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam hadis, orang yang melakukan hal tersebut dosa-dosanya akan berguguran sebagaimana bergugurannya daun-daun pohon yang telah mengering.

Sumber artikel : Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Apabila seorang muslim memberi salam"

banner 800x90