Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amalan bulan Muharram Sambut tahun baru Islam



Hikmahdanhikmah.com
- Pada malam tanggal 9 dan 10 Muharam dianjurkan untuk melaksanakan shalat Tasbih. Di samping itu, dianjurkan juga untuk melaksanakan shalat sunah 4 rakaat yang dikerjakan pada waktu shalat Tahajud. Setelah membaca surat Al-Fatihah pada setiap rakaat dianjurkan membaca surat Al-Ikhlas sebanyak 50 kali.

Selain itu, pada malam tanggal 10-nya dianjurkan untuk melaksanakan Khatam Anbiya. Selama bulan Muharam dianjurkan untuk memperbanyak membaca istigfar. (Kumpulan Doa dan Ibadah, Penerbit Fazilet).

Melaksanakan puasa pada hari Asyura beserta sehari sebelum atau setelahnya hukumnya adalah sunah. Akan tetapi, berpuasa hanya pada hari Asyura hukumnya adalah makruh. Dalam sebuah hadis syarif, Rasulullah SAW bersabda, “Berpuasalah pada hari Asyura beserta hari ke-9 atau 11 untuk membedakan dengan orang-orang Yahudi dan janganlah kalian menyerupai mereka.” (Ni’matul Islam).

Baca juga: Peristiwa penting dalam bulan Islam Pada Kalender Hijriyah.

DAPUR KITA: Bubur Asyura

Bahan-bahan: 50 gram beras yang telah dicuci bersih, 200 ml santan cair, 100 ml santan kental, 1/2 sdt garam, dan 1 lembar daun salam.

Bahan pelengkap: Abon daging sapi, sambal goreng kering tempe, telur dadar diiris tipis-tipis, bawang goreng, cabai yang telah diiris halus dan digoreng, kacang kedelai goreng, daun kemangi, dan biji delima atau jeruk bali.

Cara memasak: Rebus santan cair, masukkan beras, garam, dan daun salam. Masak hingga beras tanak. Masukkan santan kental dan masak terus hingga menjadi bubur. Sajikan bubur selagi hangat bersama bahan pelengkap.

NAMA-NAMA: Laki-laki. Khalil, Perempuan: Khalidah.

Sumber artikel: Fazilet takvimi

JANGAN LUPA PUASA ASYURA berikut keutamaan puasa ‘Asyura adalah

  • Menghapus dosa satu tahun yang lalu.Dari Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu, beliau mengatakan, “Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab,”Puasa ’Asyura akan  menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim 1162).
  • Imam an-Nawawi berkata: “Keutamaannya menghapus semua dosa-dosa kecil. Atau boleh dikatakan menghapus seluruh dosa kecuali dosa besar”.Majmu’ Syarah al-Muhadzzab, an-Nawawi 6/279
  • Nabi sangat bersemangat untuk berpuasa pada hari itu. Ibnu Abbas berkata: Aku tidak pernah melihat Nabi benar-benar perhatian dan menyengaja untuk puasa yang ada keutamaannya daripada puasa pada hari ini, hari ‘Asyura dan puasa bulan Ramadhon. HR.Bukhari: 2006, Muslim: 1132
  • Hari dimana Allah menyelamatkan Bani Isroil. Ibnu Abbas berkata: “Nabi tiba di Madinah dan dia mendapati orang-orang Yahudi sedang berpuasa A’syuro. Nabi bertanya: “Puasa apa ini?” Mereka menjawab: “Hari ini adalah hari yang baik, hari dimana Allah telah menyelamatkan Bani Israil dari kejaran musuhnya, maka Musa berpuasa sebagai rasa syukurnya kepada Allah. 
  • Dan kami-pun ikut berpuasa. Nabi berkata: “Kami lebih berhak terhadap Musa daripada kalian”. Akhirnya Nabi berpuasa dan memerintahkan manusia untuk berpuasa juga”.HR.Bukhari: 2004, Muslim: 1130
  • Puasa ‘Asyura dahulu diwajibkan. Dahulu puasa ‘Asyura diwajibkan sebelum turunnya kewajiban puasa Ramadhan. Hal ini menujukkan keutamaan puasa ‘Asyura pada awal perkaranya.
  • Ibnu Umar berkata: “Nabi dahulu puasa ‘Asyura dan memerintahkan manusia agar berpuasa pula. Ketika turun kewajiban puasa Ramadhan, puasa ‘Asyura ditinggalkan”. HR.Bukhari: 1892, Muslim: 1126
  • Jatuh pada bulan haram. Nabi bersabda: Puasa yang paling afdhol setelah puasa Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah al-Muharrom. HR.Muslim: 1163

Baca juga : Inilah Hikmah-Hikmah yang Terdapat dalam Rukun Sholat.

Kejadian-Kejadian Penting yang Telah Terjadi dan Akan Terjadi pada hari Asyura

Tanggal 10 bulan Muharam adalah hari Asyura. Banyak sekali peristiwa penting yang terjadi pada hari Asyura. Menurut Faqih Abu Laits As-Samarqandi RH, 

sebagian dari peristiwa yang terjadi pada hari Asyura adalah sebagai berikut

  1. Diciptakannya langit dan bumi,
  2. Diterimanya taubat Nabi Adam AS,
  3. Diselamatkannya Nabi Musa AS dan celakanya Fir’aun,
  4. Lahirnya Nabi Ibrahim AS dan diselamatkannya beliau dari kobaran api,
  5. Sembuhnya Nabi Ayyub AS dari penyakitnya,
  6. Diselamatkannya Nabi Yunus AS dari perut ikan,
  7. Diberikannya kekuasaan kepada Nabi Sulaiman AS,
  8. Berlabuhnya perahu Nabi Nuh AS di Bukit Judi,
  9. Syahidnya Sayidina Husein RA,
  10. Diriwayatkan dalam hadis Nabi SAW bahwa kiamat akan terjadi pada hari Asyura. (Kumpulan Doa dan Ibadah, Penerbit Fazilet)

KESEDIHAN KURZ BIN WABRAH RH

Seseorang yang telah melihat seorang tabi’in, Kurz bin Wabrah RH, yang sedang menangis berkata, “Aku bertanya kepadanya, ‘Apakah kau mendapatkan kabar buruk mengenai salah seorang kerabatmu?’ Kurz bin Wabrah RH menjawab, ‘Tidak, bahkan lebih buruk dari itu.’ Aku bertanya kembali, ‘Apakah ada bagian tubuhmu yang sakit?’ 

Beliau kembali berkata, ‘Tidak, bahkan lebih buruk dari itu.’ Seketika itu, aku berkata, ‘Jika demikian, apakah masalahmu? Katakanlah agar aku juga mengetahuinya.’ Kemudian, beliau pun berkata, ‘Pintu-pintu kebaikan dan cahaya Ilahi telah tertutup bagiku.

Tirai-tirai telah diturunkan. Karena itulah aku bersedih. Sebab, kemarin malam aku tidak dapat membaca wiridku. Penyebab hal ini tentunya adalah sebuah dosa yang telah aku lakukan. Kebaikan akan mengundang kebaikan dan keburukan pun akan mengundang keburukan dan kerugian.’”

Baca juga : Dalam Kesabaran Terdapat Kebaikan Kebaikan Dunia dan Akhirat.


Posting Komentar untuk "Amalan bulan Muharram Sambut tahun baru Islam"

banner 800x90