Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harta Dunia membuat Orang-orang Saling Menjatuhkan satu sama lain



Hikmahdanhikmah.com - Ketika menghadapi Iran pada tahun ke-16 H, pasukan muslim berhasil memenangkan Perang Jalula dan menaklukkan Hulwan. Satu perlima ganimah yang begitu banyak yang diperoleh dari kemenangan ini dikirim ke Khalifah Umar bin Khattab RA di Madinah Al-Munawwarah. Ketika ganimah itu tiba saat malam hari, Umar bin Khattab RA menumpuk ganimah itu di masjid lalu menutupinya dengan sebuah kain penutup.

Pada pagi harinya, Khalifah Umar RA tiba di masjid, lalu ketika semua orang muslim telah berkumpul, beliau membuka kain penutup tersebut. Khalifah mulai menangis ketika melihat batu-batu yakut, jamrud, dan permata yang berharga dalam ganimah tersebut.

 Abdurrahman bin Auf RA berkata, “Wahai Amirul Mukminin, mengapa engkau menangis? Demi Allah, kita seharusnya bersyukur atas hal ini, bukan menangis.” Lalu, beliau memberikan jawaban sebagai berikut,

“Demi Allah, aku tidak menangis karena hal ini. Kepada kelompok mana pun Allah SWT memberikan harta-harta ini, niscaya mereka akan saling merasa dengki, iri, dan membenci satu sama lain. Oleh karena itu, Allah SWT akan membuat orang-orang yang saling iri dan dengki tersebut saling menjatuhkan satu sama lain.”

Baca juga : apa itu memakan harta anak yatim.

TIGA NIKMAT

Abu Bakar Al-Wasithi RH menuturkan,

“Nikmat-nikmat itu terdiri dari tiga bagian, yaitu nikmat ketika hidup, nikmat saat mengalami kematian, dan nikmat pada hari kiamat.

Nikmat ketika hidup adalah hidup dalam ketaatan kepada Allah SWT.

Nikmat saat mengalami kematian adalah keluarnya ruh bersamaan dengan pengucapan kalimat tauhid ‘Lā ilāha illallāh Muhammadun Rasūlullāh’.

Adapun nikmat pada hari kiamat adalah datangnya malaikat yang memberikan kabar gembira akan masuk surga kepada seseorang ketika keluar dari kuburannya.”

Semoga Allah SWT menjadikan kita semua termasuk orang-orang yang meraih nikmat tersebut yang tidak ada yang lebih besar  dari padanya. Amin...

NAMA-NAMA: Laki-laki: Salman, Perempuan: Salma.

Baca juga  : hati- hatilah dengan-yang-namanya-harta.

Sumber artikel: Fazilet takvimi

Posting Komentar untuk "Harta Dunia membuat Orang-orang Saling Menjatuhkan satu sama lain"

banner 800x90