Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Pencernaan Yang Sehat Bagi Daya Tahan Tubuh Anak




Hikmahdanhikmah.com – Tahukah kita bahwa menjaga kesehatan pencernaan pada anak sangatlah penting sebagai pondasi awal daya tahan tubuh. Dengan pencernaan yang sehat, maka secara otomatis daya tahan tubuh anak juga akan kuat. Bahkan pencernaan yang tidak sehat juga bisa mengganggu tumbuh kembang anak.

Banyak orang yang kurang mengerti kalau disamping berfungsi sebagai pencernaan makanan, saluran pencernaan juga erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh.

Kalau kita meneliti lebih jauh tentang saluran pencernaan, maka 40 persennya merupakan jaringan limfoid yang merupakan bagian dari sel imun tubuh. Selain itu hampir 70 persen komponen sel imun tubuh kita dihasilkan oleh yang namanya saluran pencernaan.

Apa yang harus dilakukan oleh para ibu agar anaknya memiliki sistem pencernaan yang sehat ? Jawabnya adalah memberikan ASI sejak lahir. Dengan memberikan ASI kepada bayi sejak lahir, maka akan membuat sistem pencernaan bayi akan lebih sehat.
Mengapa ASI  bisa memberikan dampak yang bagus bagi pencernaan anak ?. Hal ini dikarenakan saat bayi mendapatkan ASI secara eksklusif, maka akan ada banyak bakteri baik yang terdapat pada usus bayi atau anak.

Bahkan menurut salah seorang dokter Spesialis Anak yang bernama dr Ahmad Suryawan, SpA (K) mengatakan kesehatan pencernaan pada anak sangat erat kaitannya dengan otak.  Dengan memiliki saluran pencernaan yang sehat, maka proses penyerapan makanan akan berjalan dengan baik sehingga meningkatkan kemampuan otak.

Baca juga : makanan dan minuman sangat menentukan Kecerdasan Otak Seseorang.

Untuk itu pencernaan bagi seorang bayi atau anak adalah sangat penting. Bagi seorang ibu tidak disarankan menyepelehkan gangguan pencernaan yang sering terjadi pada anak, misalnya diare, konstipasi, perut kembung. Jika buah hati anda mengalami gangguan pencernaan, maka segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan cepat. Jika anda membiarkan kondisi ini, maka bisa berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan anak kita.

Contohnya adalah seorang anak yang sering mengalami diare, maka kemungkinan besar akan mengalami penurunan berat badan, tinggi badan kurang bisa berkembang dengan bagus, lingkar kepala yang menurun.

Bahkan dalam sebuah hasil studi menyebutkan bahwa seorang anak yang pada usia kurang dari dua tahun dan sering mengalami diare, maka terbukti secara bisa menurunkan skor IQ sampai 10 poin. Untuk itu sangat penting memperhatikan kesehatan pencernaan anak dengan memberikan ASI sejak bayi lahir.

Artikel Terkait : Mulai Kapan Bayi Boleh Minum Air Putih ?

apa pentingnya pencernaan yang sehat bagi anak, hubungan daya tahan tubuh dengan kesehatan pencernaan pada anak, Manfaat Pencernaan Yang Sehat Bagi Daya Tahan Tubuh Anak

Posting Komentar untuk "Manfaat Pencernaan Yang Sehat Bagi Daya Tahan Tubuh Anak"

banner 800x90